Kamis, 11 Juni 2015

Outing "Yang Dibuang Yang Dimanfaatkan"




Pekanbaru (3 Juni 2015) tepatnya hari Rabu Peserta Didik Kelas 1 SD Juara Pekanbaru yang ditemani oleh Guru Kelas telah mengungunjungi pusat kerajinan daur ulang sampah plastik dan warung 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dalang Collection (DC) dalam rangka pelaksanaan Program Outing Class dan menuju Sekolah Adiwiyata. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi Peserta Didik karena dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan dan mengolah sampah dari yang tidak digunakan lagi menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Sesuai dengan pengarahan dari Mbak Kenis sebagai asisten di DC menjelaskan bahwa Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya,  Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.



Ada sebanyak 40 Ibu Rumah Tangga yang diberdayakan untuk pengolahan sampah ini, bahkan ada nenek usia 80 tahun yang menganyam plastik menjadi topi yang cantik. Banyak karya yang telah dihasilkan dari DC seperti baju, sandal, tas, dompet, figura, dll. Semua hasil daur ulang ini dihargai dengan harga yang cukup mahal karena proses pengolahannya yang melewati banyak proses. Pengerjaannya dimulai dari pemisahan jenis sampah yang dimasukkan ke dalam jenis botol, plastik kemasan dan karah. Setelah itu kemasan di bersihkan dan dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Tidak hanya mendengarkan penjelasan tentang pengelolaan sampah tapi peserta didik juga diperbolehkan menggunakan benda-benda yang sudah didaur ulang. DC yang  beralamat di jl. Gajah Ujung, Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. kegiatan ini juga sangat menginspirasi peserta didik untuk ikut bisa memanfaatkan sampah yang ada menjadi benda yang berguna. Peserta Didik juga diajak untuk melihat mesin penggiling sampah yang digunakan untuk menghancurkan sampah. Dan ketika pulang peserta didik diberi kenang- kenangan berupa tas yang terbuat dari bekas kemasan minyak goreng. (Dian Riza Kartina_Pekanbaru)

Jumat, 05 Juni 2015

Eduwisata SD Juara Pekanbaru Menuju Pantai Carocok dan Lobang Jepang






Eduwisata peserta didik kelas 6 SD Juara Pekanbaru yang dilakukan 29-31 Mei 2015 ke Sumbar. Jumat pagi 29 Mei 2015 Rombongan Peserta Didik Kelas 6 SD Juara Pekanbaru beserta beberapa guru berangkat dari Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat. Hari pertama rombongan tiba di Sumbar dan menginap di Asrama Haji Kota Padang. Pagi harinya, Sabtu, 30 Mei 2015, usai sarapan bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Pantai Carocok di Kota Painan, Pesisir Selatan. Kemudian menyeberang ke Pulau Cingkuak. Peserta Didik sangat senang dan antusias menikmati pemandangan dan permainan yang ada di sana. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu oleh beberapa guru pembimbingnya, menikmati Permainan Bahari yang tersedia.
 Ahad 31 Mei 2015, Rombongan SD Juara Pekanbaru beserta guru-guru mengunjungi objek wisata Lobang Jepang di kota Bukit tinggi. Kunjungan ke Lobang Jepang ini adalah rangkaian Kegiatan Eduwisata yang dilakukan untuk melihat peninggalan bersejarah dan mengetahui sejarah yang terjadi di masa sebelum kemerdekaan.
Sekitar pukul 10.00 WIB pagi rombongan SD Juara tiba di lokasi, sebelum menelusuri Lobang Jepang ini, seluruh rombongan berkumpul di depan pintu masuk untuk diberi pengarahan terlebih dahulu oleh Tour Guide. Setelah mendengarkan pengarahan yang disampaikan, barulah rombongan dipandu Tour Guide turun menelusuri terowongan lobang jepang. Pertama sekali masuk, rombongan akan menuruni beberapa anak tangga.  Disetiap bagian dalam terowongan menyimpan cerita sejarah yang berbeda-beda. Pemandu dengan detail menjelaskan setiap ruangan yang ada di dalam lobang. Bentuk dinding dan ukuran tinggi lobang yang dikunjungi sudah merupakan renovasi oleh Pemda Bukit Tinggi, namun masih ada beberapa bagian dalam terowongan yang bentuk dan ukurannya masih asli. Di dalam terowongan tidak terasa panas atau pengap, ini dikarenakan beberapa lobang memiliki ujung yang tembus ke permukaan tanah/ sisi jurang/ sisi tebing, sehingga tidak memerlukan AC untuk mendinginkan suhu di dalam lobang. Terowongan dalam lobang jepang ini terbentang di bawah tanah Kota Bukit Tinggi.
Setelah menyusuri lobang jepang hingga bagian penjara dan dapur, rombongan kembali kepermukaan yang tembus di sisi bukit dan berjarak beberapa meter ke objek wisata Jam Gadang. Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan bertolak kembali ke Pekanbaru. (Dwi Ratnawati_SD Juara Pekanbaru)

Rabu, 03 Juni 2015

Peringatan Isra Mi’raj SD Juara Pekanbaru



Kamis 21 Mei 2015, seluruh peserta didik SD Juara memasuki Mesjid Baitul Makmur yang berada di lingkungan sekolah yang berada di Jalan Wartasari, kelurahan Tangkerang Selatan. Pagi itu SD Juara akan memperingati hari bersejarah bagi ummat Islam yaitu peristiwa Isra Mi’raj. Seketika mesjid sudah dipenuhi oleh peserta didik yang sudah duduk dengan rapi dengan arahan dari guru.
Acara peringatan Isra Mi’raj dimulai dengan menyaksikan film tentang sejarah Isra Mi’raj. Dalam tayangan tersebut diceritakan apa itu Isra Mi’raj dan bagaimana kejadian yang dialami Rasulullah saat melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Semua peserta didik menyaksikan dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Peristiwa Isra Mi’raj membuat anak-anak membayangkan betapa hebatnya ciptaan Allah SWT. Diceritakan dalam peristiwa tersebut Rasulullah SAW melakukan perjalanan dalam satu malam menuju tempat yang cukup jauh yaitu dari Masjidil Haram di Mekkah ke Mesjid Al Aqso di Palestina menggunakan kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi yang bentuknya tidak ada yang tahu dantidak bisa dibandingkan dengan kendaraan yang ada pada saat ini.
Setelah menyaksikan tayangan tentang Isra Mi’raj, diadakan berbagai lomba untuk seluruh peserta didik. Ada lomba mewarnai, membuat kolase, rangking 1, membuat karya tulis dan membuat komik sederhana yang bertema Isra Mi’raj. Selain itu juga ada lomba adzan yang diikuti oleh perwakilan tiap kelas. Seluruh kegiatan diikuti oleh peserta didik SD Juara dengan senang hati.


Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menambah wawasan keIslaman para peserta didik dan menambah kecintaan mereka terhadap agamanya, serta menambah keyakinan mereka betapa besarnya kekuasaan Allah SWT.

Selasa, 02 Juni 2015

Pentas Seni SD Juara TP. 2014-2015



Pagi itu berbeda dari biasanya, setelah melaksanakan pembiasaan pagi seluruh peserta didik akan menyaksikan dan menampilkan pentas seni yang telah mereka persiapkan selama seminggu sebelumya, dibimbing oleh wali  kelas masing – masing.



Pentas telah dipersiapkan, begitu juga hadiah yang akan diberikan kepada penampilan terfavorit. Semua sudah disusun di dekat pentas. Anak – anak terlihat bersemangat dan tidak sabar untuk segera mengikuti kegiatan pada pagi itu. Tepat pukul 08.00 acara dibuka oleh Ibu Heni Kusrini, S. Psi. dengan penuh semangat, disambut riuh tepuk tangan dan takbir oleh anak-anak. Pagi yang sejuk pun terasa hangat.



Penampilan pertama dibuka oleh peserta didik kelas I, yang membawakan lagu Terimakasih Guruku, lagu Tas Merah, dan sebuah lagu berbahasa inggris. Di pertengahan acara kegiatan pentas seni dibuat makin semarak dengan penampilan senam Pinguin dari kelas III, lalu dari kelas II juga ada senam yaiyalah, dan lagu terima kasih cikgu. Pantonim pacu jalur, drama persahabatan dari kelas IV, pantonim kado ulang tahun, beat box dari kelas V dan selingi lagu persahabatan dari kelas VI.



Sebelum acara berakhir panitia mengajak seluruh peserta untuk melaksanakan  senam pinguin bersama,  ternyata guru-guru tidak mau kalah. Acara berjalan lancar dan penuh semangat. Seluruh peserta didik sangat menikmati acara pentas seni pada hari itu. Hingga akhir acara setiap siswa di bagikan sebuah kertas untuk menuliskan dua nama yang mereka sukai penampilannya, untuk menjadi pemenang favorit. Dan akhirnya terpilihlah Raihan dan Gaza dari kelas V dan Adi dari kelas III.



Outing ke Kasang Kulim



 



Peserta Didik Kelas 2 SD Juara Pekanbaru antusias dan bersemangat sekali ketika  akan berangkat ke Kebun Binatang Kasang Kulim Hari Senin, 11 Mei 2015. Kami bernyanyi bersama dalam perjalanan yang menyenangkan ini, tidak terasa begitu sampai di lokasi sekitar jam 09.00 WIB peserta didik senang dan tidak sabar lagi ketika akan masuk. “Buk, cepat Buk cepat teriak salah satu diantara mereka dengan girang dan gembiranya.” Ibu Reni Ulfia, S.Pd (Guru Kelas 2), Ibu Heni kusrini S.Psi. dan  Pak Pujiono turut mendampingi.


Lingkungan kebun binatang kasang kulim yang terletak di daerah Kubang ini  terlihat asri dan bersih karena masih pagi. Pengunjung yang datang baru siswa-siswi sd juara kelas dua, siswa-siswi dibagi kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 orang mereka diberikan pengarahan untuk mencatat nama hewan lengkap dengan nama latinnya serta cara perkembangbiakannya.

Peserta didik SD Juara begitu bersemangatnya dalam menjalankan tugasnya karena agenda ini dilaksanakan untuk mengenalkan secara langsung kehidupan hewan baik itu cara perkembangbiakan dan habitatnya kepada  Peserta Didik Kelas 2 untuk Mata Pelajaran IPA (ciri-ciri M.H dan perkembangannya. Mereka mengamati burung hantu, landak, bintaro, gagak, burung kasturi, beruang, buaya, orang utan, owa, rusa, ular dan lainnya. Hal lucu pun terjadi saat Meisya dan teman-teman melihat kuda mereka memberikan makanan kepada kuda,kuda tersebut mengira jilbab Meisya rumput sehingga kuda mengigit jilbabnya dengan refleknya meisya menghindar sambil berteriak(kuda tersebut sebenarnya sudah jinak)teman-teman Meisya dan guru lari menjauhi kuda tersebut kami pun tertawa bersama setelah kejadian tersebut terjadi.

Fadli bercerita, “Buk, ana besok mau punya kebun binatang sendiri lah bu..... pasti seru dan asik memelihara banyak hewan celotehnya... ^_^

Sekitar jam 12 siang, Rombongan SD Juara Pekanbaru kembali ke sekolah dengan selamat. Mengenalkan mereka sejak dini tentang hewan-hewan menumbuhkan rasa sayang terhadap sesama makhluk Allah SWT... (Reni Ulfia_SD Juara Pekanbaru)