Outing "Yang Dibuang Yang Dimanfaatkan"




Pekanbaru (3 Juni 2015) tepatnya hari Rabu Peserta Didik Kelas 1 SD Juara Pekanbaru yang ditemani oleh Guru Kelas telah mengungunjungi pusat kerajinan daur ulang sampah plastik dan warung 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dalang Collection (DC) dalam rangka pelaksanaan Program Outing Class dan menuju Sekolah Adiwiyata. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi Peserta Didik karena dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan dan mengolah sampah dari yang tidak digunakan lagi menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Sesuai dengan pengarahan dari Mbak Kenis sebagai asisten di DC menjelaskan bahwa Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya,  Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.



Ada sebanyak 40 Ibu Rumah Tangga yang diberdayakan untuk pengolahan sampah ini, bahkan ada nenek usia 80 tahun yang menganyam plastik menjadi topi yang cantik. Banyak karya yang telah dihasilkan dari DC seperti baju, sandal, tas, dompet, figura, dll. Semua hasil daur ulang ini dihargai dengan harga yang cukup mahal karena proses pengolahannya yang melewati banyak proses. Pengerjaannya dimulai dari pemisahan jenis sampah yang dimasukkan ke dalam jenis botol, plastik kemasan dan karah. Setelah itu kemasan di bersihkan dan dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Tidak hanya mendengarkan penjelasan tentang pengelolaan sampah tapi peserta didik juga diperbolehkan menggunakan benda-benda yang sudah didaur ulang. DC yang  beralamat di jl. Gajah Ujung, Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. kegiatan ini juga sangat menginspirasi peserta didik untuk ikut bisa memanfaatkan sampah yang ada menjadi benda yang berguna. Peserta Didik juga diajak untuk melihat mesin penggiling sampah yang digunakan untuk menghancurkan sampah. Dan ketika pulang peserta didik diberi kenang- kenangan berupa tas yang terbuat dari bekas kemasan minyak goreng. (Dian Riza Kartina_Pekanbaru)

Komentar