Eduwisata SD Juara Pekanbaru Menuju Pantai Carocok dan Lobang Jepang






Eduwisata peserta didik kelas 6 SD Juara Pekanbaru yang dilakukan 29-31 Mei 2015 ke Sumbar. Jumat pagi 29 Mei 2015 Rombongan Peserta Didik Kelas 6 SD Juara Pekanbaru beserta beberapa guru berangkat dari Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat. Hari pertama rombongan tiba di Sumbar dan menginap di Asrama Haji Kota Padang. Pagi harinya, Sabtu, 30 Mei 2015, usai sarapan bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Pantai Carocok di Kota Painan, Pesisir Selatan. Kemudian menyeberang ke Pulau Cingkuak. Peserta Didik sangat senang dan antusias menikmati pemandangan dan permainan yang ada di sana. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu oleh beberapa guru pembimbingnya, menikmati Permainan Bahari yang tersedia.
 Ahad 31 Mei 2015, Rombongan SD Juara Pekanbaru beserta guru-guru mengunjungi objek wisata Lobang Jepang di kota Bukit tinggi. Kunjungan ke Lobang Jepang ini adalah rangkaian Kegiatan Eduwisata yang dilakukan untuk melihat peninggalan bersejarah dan mengetahui sejarah yang terjadi di masa sebelum kemerdekaan.
Sekitar pukul 10.00 WIB pagi rombongan SD Juara tiba di lokasi, sebelum menelusuri Lobang Jepang ini, seluruh rombongan berkumpul di depan pintu masuk untuk diberi pengarahan terlebih dahulu oleh Tour Guide. Setelah mendengarkan pengarahan yang disampaikan, barulah rombongan dipandu Tour Guide turun menelusuri terowongan lobang jepang. Pertama sekali masuk, rombongan akan menuruni beberapa anak tangga.  Disetiap bagian dalam terowongan menyimpan cerita sejarah yang berbeda-beda. Pemandu dengan detail menjelaskan setiap ruangan yang ada di dalam lobang. Bentuk dinding dan ukuran tinggi lobang yang dikunjungi sudah merupakan renovasi oleh Pemda Bukit Tinggi, namun masih ada beberapa bagian dalam terowongan yang bentuk dan ukurannya masih asli. Di dalam terowongan tidak terasa panas atau pengap, ini dikarenakan beberapa lobang memiliki ujung yang tembus ke permukaan tanah/ sisi jurang/ sisi tebing, sehingga tidak memerlukan AC untuk mendinginkan suhu di dalam lobang. Terowongan dalam lobang jepang ini terbentang di bawah tanah Kota Bukit Tinggi.
Setelah menyusuri lobang jepang hingga bagian penjara dan dapur, rombongan kembali kepermukaan yang tembus di sisi bukit dan berjarak beberapa meter ke objek wisata Jam Gadang. Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan bertolak kembali ke Pekanbaru. (Dwi Ratnawati_SD Juara Pekanbaru)

Komentar