Mengamati Kualitas Air di Sekitar Tempat Tinggal



Salah satu unsur penting dalam lingkungan adalah air. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai macam kegiatan di bumi. Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik.

Karena banyak orang yang membutuhkan air,  maka tak jarang  dia diperebutkan. Meskipun begitu, tak sedikit juga orang atau pihak tertentu melakukan tindakan yang membuat kualitas air menjadi tercemar.

Untuk membuktikannya, peserta didik kelas 5 melakukan pengamatan tentang kualitas air di tempat tinggal masing-masing. Hasil pengamatan yang dilakukan dituliskan dalam bentuk Laporan Hasil Pengamatan. Air yang mereka amati berasal dari sumur masing-masing. Kegiatan dilakukan dalam rangka ujian praktek IPA.

Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui hampir 30% air yang berada di tempat tinggal peserta didik tidak dapat dikonsumsi langsung, karena berwarna,  tidak jernih bahkan ada yang berbau. Sehingga mereka harus menggunakan air galon untuk konsumsi.


Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan komentar yg sesuai dan relevan :)