SD Juara Pekanbaru Laksanakan Pelatihan Guru "Berpenampilan Menarik di Depan Kelas"


Pada hari Senin 21/08/2017 tepatnya pukul 13.30 WIB seluruh guru SD Juara Pekanbaru bersiap memasuki ruangan kelas untuk mengikuti pelatihan internal yang diadakan oleh sekolah dalam rangka meng-up grade pengetahuan serta illmu para guru dalam hal mengajar. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sekali sebulan agar menumbuhkan budaya belajar diantara guru SD Juara. Pada pelatihan kali ini tema yang dipilih adalah “Berpenampilan Menarik di Depan Kelas” dengan menghadirkan pemateri Wira Ramli yang merupakan praktisi pengajar, trainer, motivator serta public speaking coach. Tema ini tentu saja dirasa perlu bagi semua guru. Karena guru sebagai role model di dalam kelas harusnya memang menjadi pusat perhatian bagi seluruh peserta didiknya. Untuk bisa menjadi pusat perhatian guru harus mempunyai trik agar selalu tampil menarik dan disenangi peserta didik,, tujuannya agar peserta didik mampu menerima dan memahami transfer ilmu yang diberikan guru.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru agar menjadi guru yang “menarik”, pertama Setting frame, yaitu guru harus memiliki pandangan yang baik terhadap peserta didiknya saat akan masuk ke dalam kelas, hindari pikiran-pikiran negative dan perasaan yang tidak menyenangkan, berusahalah untuk tersenyum, tunjukkan gerak tubuh yang bersahabat dan berikan perhatian pada setiap peserta didik.
Kedua, sebelum mengajar guru harus memiliki tujuan yang akan dicapai dari pembelajaran, artinya guru sudah mempersiapakan rencana pembelajaran yang baik agar tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.


Ketiga, guru harus memperhatikan penampilan, jangan sampai guru tidak disukai karena penampilan atau kesan yang tidak baik dimata peserta didik. Seorang guru harus rapi, bersih  dan tidak bau.
Keempat, menjadi guru yang selalu ingin belajar. Banyak sekali sarana bagi guru untuk menambah dan mengembangkan kelebihannya. Seorang guru tidak  boleh berhenti belajar agar menjadi guru yang profesional dan disenangi peserta didiknya. Ikuti pelatihan, workshop, baca buku, study banding dan lain-lain untuk meningkatkan profesionalitas guru .

Guru-guru SD Juara merasa senang dan semakin bersemangat setelah mendapatkan pelatihan ini. “Banyak ilmu yang didapat dari pelatihan ini, semoga apa yang telah saya terima dapat saya aplikasikan di saat mengajar” ujar bu Amelia Salfitri salah satu guru SD Juara Pekanbaru.

Komentar