Memperingati Hari Pramuka, SD Juara Laksanakan Kegiatan Perkemahan Jum’at-Sabtu (Perjusa)






SD Juara Pekanbaru kembali laksnakanakan kegiatan PERJUSA. Ini adalah kegiatan perdana pada  TP. 2017-2018 yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2017 dilaksanakan di lingkungan Balai Benih Hortikultura yang berada dibawah naungan Dinas Pertanian Provinsi Riau. Kegiatan ini adalah perkemahan rutin tiap semester dan diikuti oleh peserta didik kelas 3, 4, 5 dan 6 berjumlah sekitar 65 orang.

Peserta dibagi menjadi 6 regu, terdiri dari 3 regu putra dan 3 regu putri, siswa dilatih untuk dapat mandiri dengan memenuhi kebutuhan kelompok sendiri,  mendirikan tenda serta kegiatan lomba dan kekompakan kelompok akan terlihat dan menjadi sarana pendidikan siswa..

Dalam hal ini Pak Suriksodi Saputro, S.T selaku Kepala Sekolah SD Juara Pekanbaru didaulat untuk membuka Upacara. Beliau menyampaikan agar peserta mengikuti kegiatan dengan baik sehingga mencapai hasil maksimal.

Malam harinya dilaksanakan pentas seni, yaitu penampilan seni masing-masing kelompok. Ada yang menampilkan seni drama, yel-yel dan lain-lain. Para peserta Perjusa menampilkan kreativitas seninya masing-masing. Agenda ini berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.

Keesokan harinya, Sabtu (10/12) sekitar pukul 04.00 dini hari, Peserta Didik melaksanakan Sholat Tahajud berjama’ah dengan Imam Ananda Sidik. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat Shubuh berjam’ah. Setiap kegiatan sholat dalam Perjusa tersebut dilakukan secara berjama’ah. Setelah itu, peserta didik pun Jogging mengelilingi Kawasan Perkemahan. Untuk Peserta Didik yang mendapat tugas piket, mereka mempersiapkan Sarapan Pagi secara berkelompok dan membersihkan tenda serta peralatan milik kelompok. Agenda dilanjutkan dengan membersihkan diri dan dilanjutkan dengan penutupan.
“Alhamdulillah saya senang ikut kemah ini pak, sebut Ananda Ibad siswa kelas 3 yang baru pertama ikut perkemahan.Sekitar pukul 14.00 WIB Peserta Didik sudah kembali ke rumah masing-masing.


Komentar