KKG Gugus 1 Bukitraya Best Practice Pembelajaran “Jembatan Penyeberangan Satuan”dan Pelepasan Bapak Kepala UPTD Bukitraya



Sabtu, 19 November 2016 sekitar pukul 9 pagi hingga menjelang Zhuhur SD Juara Pekanbaru bersama tiga SD lainnya (SD N 83, SD N 109, dan SD Ekatama) mengadakan KKG Gugus 1 Bukitraya dengan Bapak Mazwar Idris, S.Pd. selaku Pengawas Gugus 1 sebagai Pematerinya. Agenda tersebut juga dirangkaikan dengan agenda Perpisahan dengan Bapak Kepala UPTD Bukitraya Bapak H. Ahmad. Kali ini Bapak Suriksodi Saputro S.T., Bapak Muhammad Bayu Putra, S.Psi., Bu Fitriyah Misdian, S.Pi., dan Bu Rusmiati, S.Pd. mengikuti agenda ini.

Di awal materi, Bapak Mazwar menyampaikan ada 6 aspek yang harus diperhatikan Guru dalam teknik bertanya kepada siswa. Materi  ini disampaikan beliau untuk mengevaluasi hasil Supervisi. Adapun teknik bertanya yang beliau rekomendasikan adalah 1)Pertanyaan diajukan untuk seluruh kelas, bukan perorangan, beri selang waktu sekitar 8 detik kemudian menawarkan kepada siswa yang akan menjawab, atau menunjuk langsung salah seorang siswa. Pertanyaan yang agak sulit jangan diperuntukkan atau ditunjuk siswa yang lemah. 2)Jawaban hendaknya oleh perorangan, bukan oleh seluruh kelas. Siswa yang menjawab adalah siswa yang ditunjuk oleh guru sebagai jawaban individu ataupun sebagai wakil kelompok.  3)Usahakan pertanyaan diajukan secara merata. Maksudnya setelah pertanyaan diajukan ke seluruh kelas, yang ditunjuk untuk penyeberangannya secara merata, jangan menurut pola tertentu, misalnya hanya ditunjuk siswa yang pandai atau siswa yang bandel atau siswa sesuai daftar hadir atau berurutan, 4)Jika perlu berikan dorongan kepada siswa yang lemah dan pemalu untuk mau menjawab. Di sini guru bertindak tidak membedakan antar siswa-siswinya atau tidak pilih kasih, tetapi memperhatikan semua siswa untuk diajak terlibat dalam proses belajar yang aktif 5)Dalam mengajarkan teknik bertanya, guru diminta membuat kalimat katrol pembelajaran tidak lagi menggunakan kata katrol, seperti…”Bangun tidur harus cepat…..” dan yang ke-6)diminta membuat kalimat-kalimat yang memancing anak-anak mau bertanya.

Selain tentang teknik bertanya, beliau juga menyampaikan tentang “Jembatan Penyeberangan Satuan”. Menyampaikan fakta terlebih dahulu baru konsep. Satuan luas dari km2 ke mm2  dan kilo are (ka) ke mili are (ma) memiliki jembatan penyeberangan yang konsepnya harus dipahami oleh guru dengan melalui satuan luas yang dianggap senilai; seperti hm2=ha, dam2=are, m2=ca yang semuanya dapat dibuktikan dengan menggunakan tangga satuan. Dengan menggunakan “Jembatan Penyeberangan Satuan” ini diharapkan siswa dapat memahami tentang satuan luas. Best Practice yang berguna untuk memudahkan pembelajaran.
Agenda pelatihan yang diselingi dengan “Pelepasan dengan Kepala UPTD Bukitraya” Bapak H. Ahmad yang memasuki usia pensiun juga menjadi sarana silaturahim dan agenda bermaaf-maafan mengingat banyak jasa beliau terhadap kemajuan Gugus 1 Bukitraya. Semoga Allah membalas jasa beliau dengan banyak kebaikan.






Komentar