SD Juara Pekanbaru Outing Ke Peternakan Kambing Etawa


Peserta didik kelas 3 SD Juara Pekanbaru melakukan outing ke peternakan kambing etawa di Desa Baru, Siak Hulu, Kampar, Rabu (12/10/2016). Kegiatan itu adalah sarana bagi peserta didik untuk belajar di alam, yakni dengan melakukan pembelajaran yang berkesan kepada peserta didik dengan langsung membawa ke lapangan.

Adapun pelajaran IPA kelas 3 mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya, berdasarkan cara berkembang biak serta berdasarkan penutup tubuh. Berdasarkan jenis makanan, hewan terbagi tiga kelompok, yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging)  dan omnivora (pemakan segalanya).

Sedangkan berdasarkan cara berkembang biak, hewan dikelompokkan menjadi ovivar (bertelur), vivivar (beranak/ melahirkan), dan ovovivivar (bertelur dan beranak). Selain itu, berdasarkan penutup tubuhnya, hewan dapat dikelompokkan menjadi berbulu, berambut,  bercangkang, dan bersisik.

Kali ini, peserta didik dikenalkan kepada salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok herbivora (pemakan tumbuhan), yaitu kambing. Selain hewan herbivora (pemakan tumbuhan), kambing juga adalah hewan vivipar karena berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan herbivora ini adalah hewan yang tubuhnya ditutupi oleh rambut. Beberapa hasil atau manfaat yang dapat diambil dari hewan berkaki empat ini, antara lain, menghasilkan susu dan juga daging. Kandungan lemak pada susu kambing lebih rendah daripada susu sapi sehingga susu kambing sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga lansia.

Selama berada di peternakan, peserta didik sangat senang dan antusias bertanya serta tidak canggung untuk ikut mencoba memberi makan kambing-kambing di peternakan. Peserta didik bahkan mencatat pengantar dari pemandu yang menyampaikan sejarah nama Etawa.

"Etawa adalah nama daerah di Janpari India. Kambing Etawa berarti kambingya berasal dari daerah Etawa, dibawa oleh penjajah Belanda ke Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah," ujar Putri, salah seorang murid, membacakan catatannya. KBM ini sendiri berjalan dengan lancar.




Komentar