Dokter cilik SD juara Pekanbaru Belajar bersama Relawan RZ


PEKANBARU. Relawan RZ adakan kegiatan Pelajar Siaga Bencana (PSB), Rabu (11/5/2016) di SD Juara Pekanbaru. Dalam kegiatan tersebut Relawan RZ mengajarkan pertolongan pertama pada gawat darurat (PPGD) ke dokter cilik. Dokter cilik di SD Juara Pekanbaru merupakan siswa siswi yang telah terpilih sesuai kriteria dari kelas 4 dan 5. Dalam kesempatan kali ini relawan RZ Pekanbaru mengajarkan penanganan luka dan patah tulang lanjutan dari PSB sebelumnya.

PSB ini bertujuan agar pelajar tersebut minimal dapat menolong dirinya sendiri ketika tertimpa bencana maupun kecelakaan. Diharapkan dokter kecil ini juga menjadi pelopor kesehatan bagi teman-temannya. Jadi sebagai bekal pengetahuan, Relawan RZ memberikan materi ini agar ketika nanti ada bencana anak anak SD tidak merasa canggung dalam menyelamatkan dirinya dan tidak panik. Selain bertujuan untu menolong diri sendiri, program ini bertujuan untuk menolong orang terdekatnya ketika terjadi kecelakaan atau bencana.

Rendis sebagai pemateri dari relawan RZ memberikan materi tentang cara membalut luka dan bagaimana penanganan patah tulang pada bahu dan kaki kepada dokter kecil SD Juara. Materi ini dipilih karena kecelakaan ini pasti akan berdampak di semua jenis bencana yang ada.



“Selain materi, dokter kecil juga diajak simulasi dari semua materi yang telah diberikan. Mulai dari penanganan luka dikepala, perban tangan, menggunakan mitela untuk menopang bahu yang patah dan bidai untuk patah kaki. Di sini dokter di didik gimana menangani patah tulang ketika mungkin tidak ada orang yang bisa menolong lagi. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti PSB ini yang terlihat dari partisipasi mereka saat melakukan simulasi. Mereka semangat mempraktikkan dan menjadi model korban ketika diadakan simulasi,” papar Rendis.


Pihak sekolah sangat senang dengan kegiatan ini karena memberikan ilmu dan pengalaman baru kepada dokter kecil. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat mengasah soft skil dokter kecil SD juara Pekanbaru yang memang tidak ada pelajaran formal tentang kebencanaan. Papar Buk yesi Kurikulum SD Juara Pekanbaru

Komentar