Pelatihan Guru SD Juara Pekanbaru bersama dr. Susiana Thabrani, M.Pd

Kesuksesan menghadirkan pendidikan berkualitas bagi peserta didik di sekolah sangat bergantung pada kualitas guru. Sehingga sekolah mampu melahirkan lulusan yang memiliki Standar Kompetensi Lulusan (SKL) minimal sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah. SD Juara Pekanbaru selain mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh dinas juga memiliki kurikulum khas sekolah juara. Semua peserta didik yang keluar dari sekolah ini memiliki standar yang telah ditetapkan oleh sekolah dan yayasan.

Menyadari peran sentral yang dimiliki oleh guru, maka SD Juara Pekanbaru memiliki program rutin untuk mengupgrade kemampuan guru. Kegiatan tersebut berupa pelatihan rutin wajib bulanan yang dilaksankan di sekolah. Pelatihan ini dirancang sistematis dengan materi yang telah ditetapkan oleh yayasan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar memberikan pemahaman dan keterampilan yang komprehensif bagi guru dalam menjalankan aktifitasnya sebagai pendidik yang profesional.

Pada Hari Sabtu, 5 Desember 2015 bertempat di Kelas III SD Juara Pekanbaru telah dilaksankan Pelatihan Guru Volume 4 dengan Materi Mind Mapping. Pada kesempatan tersebut, menghadirkan tokoh pendidikan Riau Ibu dr. Susiana Thabrani, M.Pd. Seorang praktisi dan owner pendidikan dari tingkat Playgroup sampai Pendidikan Tinggi di Provinsi Riau.

“Finlandia, merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia”, Kata Ibu Susi. “PBM aktif diterapkan oleh guru yang semuanya tamatan S2 dan terpilih dari “The Best Ten” lulusan Universitas. Orang Finlandia juga merasa lebih terhormat menjadi guru dibandingkan menjadi dokter atau insinyur” tambah Bu Susi yang beberapa bulan yang lalu baru saja melakukan perjalanan pendidikan ke Eropa.

“Sekolah Juara merupakan program yang luar biasa hebat dan terstruktur. Jika Sekolah Juara ingin maju maka ada beberapa hal yang harus dilakukan (1). Lakukan bedah jurnal pendidikan (2). Buat publikasi sekolah dalam bahasa inggris dan publish ke media (3). Miliki proyek kondisi peserta didik dan orang tua yang ekstrem, lakukan aproach dan buat profile dalam english” Tambahnya. Alhamdulillah pelatihan kali ini berjalan sukses dengan banyak sekali inspirasi sukses yang diberikan pembicara. (Suriksodi S)

Komentar