Belajar Membuat Roti di Vanhollano Bakery



(28/9/2015) Walaupun Kota Pekanbaru masih dirundung bencana asap namun rencana kegiatan outing peserta didik yang sudah lama direncanakan tetap berjalan dengan lancar. Kegiatan outing kali ini peserta didik berkesempatan untuk belajar di Vanhollano Square  beralamat di jl. Jend. Sudirman Pekanbaru. Kami berangkat dari pukul 08.30 wib, sesampainya di sana kami disambut ramah oleh ibu Gentha Sally Amita sebagai Trainee adm marketing. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang dan guru pendamping sebanyak 2 orang yaitu ibu Reni Ulfia sebagai guru kelas dan ibu Dian Riza Kartina sebagai guru pendamping, kami bersiap untuk mengetahui lebih jauh tentang proses pembuatan roti di sini.

            Kegiatan pertama dimulai dengan praktek cara membuat roti. Kami dipandu oleh Chef Indra. Chef mengajarkan cara memakai topi dan celemek agar tetap bersih selama membuat roti. Kemudian chef menjelaskan ada dua cara yang di ajarkan dalam membuat roti, yaitu yang pertama roti dengan bentuk bulat dengan isi sari kaya dan roti dengan model gepeng dengan isi coklat dan dihiasi toping kreasi peserta didik sendiri. Peserta didik mendengarkan penjelasan chef dengan antusias dan penuh semangat. Sehingga terbentuklah roti-roti mini buatan peserta didik yang bentuknya lucu-lucu. 


            Selesai membuat roti peserta didik dan chef melakukan pengambilan foto bersama di dua tempat yaitu di tempat pembuatan roti dan di halaman depan Van Hollano Square. Lalu dilanjutkan dengan Factory tour atau melihat mesin-mesin yang digunakan untuk membuat roti dari proses awal hingga roti siap untuk dipasarkan. Chef Indra juga memberi penjelasan,  ada beberapa nama mesin yang disebutkan, diantaranya adalah Retader Prover yang berfungsi untuk memanaskan dan mendinginkan roti, selanjutnya ada oven dek, oven rotary dan open matador, dll. 

            Acara outing ini di tutup dengan pembagian reward oleh pihak Vanhollano Square kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan seputar pembuatan roti dan nama-nama mesin yang digunakan dalam pembuatan roti. Ada 5 orang peserta didik yang bisa menjawab dan mendapat reward roti yaitu Mahira, Ana, Tama, Aisyah dan Siti. Serta penyerahan sertifikat dari pihak Vanhollano kepada semua peserta didik atas partisipasinya dalam kegiatan outing ini. 


Komentar