Petualangan dan Pengalaman Seru di Balai Benih Ikan Sentral Tibun-Kampar Riau


 
Selasa, 24 Februari 2015 SD Juara Pekanbaru melakukan perjalanan ke Balai Benih Ikan Sentral (BBI S) Tibun ini berada di daerah Kampar Riau, yang ditempuh sekitar 1 jam lebih 20 menit.

Agenda ini dilaksanakan dalam rangka outing. Outing merupakan salah satu agenda belajar langsung ke alam. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi Peserta Didik dalam membuat laporan pengamatan untuk Pelajaran bahasa Indonesia nantinya.

Berangkat mulai pukul 7 lewat dengan menggunakan Bus yang disupiri oleh salah seorang orangtua SD Juara Pekanbaru. Dalam perjalanan ke sana mulai terlihat persawahan yang ditanami padi. Sesampainya di sana, para peserta didik dihadapkan dengan gedung-gedung yang dikelilingi lahan yang luas yang terdiri atas banyak genangan air.

Awalnya, kami disambut oleh Bapak Hasfahmi yang merupakan Koordinator BBI S Tibun. Anak-anak pun berbaris rapi. Acara dimulai dengan perkenalan SD Juara Pekanbaru dengan Tuan Rumah. Kemudian kami pun mulai mengunjungi tempat-tempat yang ada di sana, mulai dari tepat pembesaran dan pembenihan ikan, kemudian melihat kolam-kolam pembesaran ikan, kemudian anak-anak juga diajak untuk meemancing ikan mas, hmmmm... pengalaman yang sangat seru dan berkesan. Dan suatu hal yang sangat menakjubkan, yaitu melihat proses pengurutan ikan (penstripingan) untuk mengeluarkan telur ikan yang akan dugunakan untuk pemijahan buatan. Dan untuk kelahiran anak-anak ikan baru dapat dilihat esok paginya, sampai-sampai salah seorang peserta didik berkata, “Besok pagi ke sini lagi, yuk..., ujar Adinda”

Kemudian setelah itu, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Nikmatnya...para peserta didik makan siang setelah beraktifitas bersama. Hal yang insya Allaah kan selalu teringat adalah para peserta didik mendapat hadiah dari BBI S Tibun, yaitu: Bibit Ikan Patin dengan 2 ukuran berbeda. “Bagi 1-1  ya, sisanya boleh dibagikan dengan anak SD Juara yang lain”, ujar Junaidi salah seorang Peserta Didik Kelas 5 SD Juara Pekanbaru menirukan gaya Kakak-kakak Pembenih di sana.

Acara penutupan kegiatan pun dimulai sekitar jam 12 lewat di Aula BBI S. Didampingi oleh Bapak Marhalim, S.Pi.M.Si dan Bapak Hasfahmi. Bapak Marhalim sebagai tuan rumah dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau mengatakan, bahwa kesadaran masyarakat dalam memelihara ikan sangat tinggi sehingga kebutuhan Masyarakat akan Benih Ikan juga tinggi. Beliau juga menanyakan, “Siapa yang mau jadi orang Perikanan? Anak-anak pun menujuk dengan semangat. Setelah itu, kami pun berpamitan pulang kembali ke SD Juara Pekanbaru.

Sampai di sekolah sekitar pukul 14.00 WIB
“Kapan-kapan ke sana lagi, ya, Zah, Rendi sama Fadhli kan belum ke sana”, ujar Kiki Sang Petualang Hebat dari Kelas 5. Ia sangat hobi dalam bidang Perikanan.


Komentar