Asyiknya Membentuk Permukaan Bangun Datar dari Adonan Donat




Tanggal 10 Maret 2015 kemarin, siswa Kelas 3 Utsman Bin Affan berswadaya dalam membawa bahan-bahan pembuatan donat. Mereka membawa barang-barang yang sudah dibagi oleh Guru Kelas 3, Pak Taufik. Pengumpulan bahan dilaksanakan dari Hari Selasa sampai hari Rabu. Mereka membawa barang-barang tersebut dengan perasaan bangga dan penasaran. Selain membawa bahan-bahan, mereka juga membawa kantong plastik.

Proses pembuatannya dimulai dengan pengadonan donat yang dibuat oleh Guru Kelas dan dibantu oleh siswa. Adonan donat yang selesai dibuat, diletakkan ke dalam wadah selama 10 menit hingga mengembang. Sambil menunggu adonan mengembang, peserta didik diminta mengeluarkan plastik 1 kg untuk alas adonan yang akan dibentuk. Guru Kelas kemudian meminta kepada peserta didik untuk melumuri plastik dengan minyak goreng dan juga melumuri tangan agar adonan tidak lengket.

Setelah itu, Guru Kelas membagikan adonan kepada para peserta didik yang berukuran sekepal tangan. Kemudian mereka mulai membentuk adonan menjadi segi empat, lingkaran dan berbagai bentuk bangun datar.

Beberapa saat kemudian dan adonan mengembang, kemudian adonan tersenbut digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Mereka menggoreng adonan tersebut secara bergiliran hingga adonan habis. Kegiatan ini juga didampingi oleh Guru Kelas.


Merekapun merasa gembira karena telah berhasil membuat berbagai macam bangun datar. Donat yang telah selesai, dilumuri dengan coklat dan siap disantap dan dibawa pulang serta dibagi-bagikan kepada guru-guru SD Juara Pekanbaru.

“Pak, donat ana setelah dibentuk tak menjadi bulat sempurna, tapi setelah dibawa ke rumah ternyata empuk dan enak”, kata Regina salah seorang siswa Kelas 3 SD Juara Pekanbaru.


Komentar