Timbangan sebagai Alat Pembelajaran


Pekanbaru (25/2). Salah satu alat untuk mengukur berat suatu benda adalah timbangan. Timbangan yang digunakan untuk belajar anak kelas 2 SD Juara Pekanbaru kali ini adalah timbangan dapur yang biasa digunakan oleh para ibu-ibu untuk menakar bahan-bahan ketika akan membuat kue. Timbangan ini memiliki kapasitas benda atau bahan yang ditimbang maksimal 2 kg.

Guru kelas 2 menjelaskan kegunaan timbangan kepada anak-anak. Lalu memperlihatkan jarum dan angka2 yang tertera ditimbangan tersebut. Timbangan itu menggunakan satuan gram. Anak-anak kelas 2 sudah belajar bagimana cara mengonversikan satuan berat. Satuan berat yang sudah dipelajarai adalah Kilogram (kg), gram (gr) dan ons.

Setelah menjelaskan, Buk Guru meminta anak-anak maju kedepan satu persatu untuk menimbang benda yang mereka inginkan. Setelah itu menuliskan dipapan tulis berapa gram berat benda yang mereka timbang. Lalu mengonversikan berat dalam gram itu ke satuan kilogram dan ons.
Meski terasa tidak mudah dalan mengonversikan satuan berat, anak-anak berusaha untuk menghitungnya dengan bantuan buk guru ketika jawaban mereka belum tepat.

Komentar