Gantungan Baju sebagai Media Pembelajaran



Pekanbaru, senin (25/2/2019). Siswa kelas 1 Sd Juara Pekanbaru  belajar Tematik pada Tema LIngkungan Bersih, Sehat dan Asri. Pada tema ini mereka akan belajar tentang perbadingan berat benda. Adapan tujuan pembelajaran ini  adalah siswa mampu menentukan berat benda, dan mampu  mengunakan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.

Ketika masuk kelas guru sudah mempersiapkan beberapa benda, gantungan baju dan kantong plastik yang sudah dikasi lebel A dan B sebagai timbangan sederhanan yang akan digunakan sebagai media pelajaran. Sebelum melanjutkan penjelasan guru terlebih dahulu memperkenalklan beberapa benda yang telah di siapkan kepada peserta didik. Kemudian guru menjelaskan manfaat timbangan, bagaimana cara menimbang suatu benda dan memeberi beberapa contohnya. kemudian guru meminta dua siswa maju kedepan dan memberinya masing – masing satu benda. Guru menanyakan manakah benda yang lebih berat tampa alat bantu kecuali tangan mereka. Dan masing masing diminta menyampaikan alasannya. Kemudian Guru meminta salah satu siswa kedepan lagi untuk bisa membantu memegangkan gantungan sebagai timbangan untuk menentukan banda yang paling berat.
Kantong A  diisi dengan spidol dan alat lainnya yang lebih ringan dan kantong B diisi diisi aqua gelas  . Guru  memasukan benda kedalalam dua kantong tersebut dan menimbangnya dengan gantungan untuk membuktikan  mana benda yang paling berat. Alhasil, ternyata barang yang dimasukkan kedalam kantong B lebih berat dari barang yang ada di kantong A. siswa dapat membuktinkannya dengan melihat kantong B lebih rendah posisinya dari kantong A. Alhamdulillah dengan cara ini setiap siswa lebih mudah bisa memahami konsep timbangan dengan cara timbangan sederhana.  

Komentar