Keseruan Membuat Tanjak


Pekanbaru, 22 Februari 2019. Jumat yang penuh barokah ini awali dengan Muhadoroh Al-Qur'an. Bel masuk berbunyi semua peserta didik kelas III Utsman bin Affan SD Juara Pekanbaru bersemangat karena pagi ini kami akan membuat Tanjak pada pembelajaran Budaya Melayu Riau. Tujuan pembelajaran kali ini :
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis Tanjak dan yang patut memakainya
2. Siswa dapat membuat Tanjak dari kertas koran.
3. Siswa dapat membudayakan keragaman tanjak khas daerah Riau.

Tanjak adalah ikatan kain sebagai penutup orang Melayu. Tanjak disebut juga dengan Tengkuk atau Desta. Orang yang memakai Tanjak di kepala menandakan beliau orang terpandang dan terhormat. Tanjak ada beberapa jenis yaitu. Tanjak layar, tanjak runtuh, tanjak tebing laksemana, tanjak belah mumbang, tanjak punggung, tanjak sehari bulan dan tanjak den dan m tak sudah. Kali ini kami membuat Tanjak Tumbang Layar dari kertas koran bekas. Semua peserta didik bersemangat mengikuti langkah-langkah pembuatan tanjak dengan serius.

Salah satu peserta didik Rizki Divi berteriak buk punya ana sudah jadi bagus ya buk. kemudian dia memamerkan buatannya kepada temannya yang lain dengan penuh senyuman. Ayo nak buat dengan mengikuti petunjuk kerja yang benar kalian juga pasti bisa membuat sebagus buatan Rizki Divi teriak buk Reni menyemangati. Sofiyah juga berseru ana juga sudah jadi buk, lihat buk bagus kan buk? Senyum mengembang terukir di wajah yang cantik. Bel berbunyi menandakan pembelajaran sudah selesai semua berteriak kami juga sudah selesai Alhamdullilah akhirnya bisa juga buk. Pembelajaran ditutup dengan hamdalah dan doa penutup majelis serta doa mau makan.

Komentar