Catatan Akhir Pekan “Kurikulum 2013, Lanjutkan!” by Fitriyah Misdian


Pelatihan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang dilaksanakan mulai tanggal 15-19 September 2014 ini diperuntukkan untuk guru kelas V lebih kurang 200 orang se-Kota Pekanbaru. Ketika itu Guru Kelas 5 SD Juara Fitriyah Misdian turut menjadi Peserta Pelatihan  di Kelas V. E. Agenda ini dilaksanakan karena Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) dan diperlukan penyesuaian dan penyamaan pemahaman tentang Konsep Kurikulum 2013.

Di awal acara, seluruh peserta dikumpulkan di sebuah ruang pertemuan di salah satu Hotel di Pekanbaru. Saat bertemu satu dengan lainnya, para guru pun bersuka cita. Ada yang bertemu dengan kawan lama yang tidak berjumpa, ada juga bertemu dengan para guru masing-masing serta ada juga yang menambah teman baru.

Ketika Kepala Dinas Kota Pekanbaru  Bapak Zulfadil hadir, suasana ruangan menjadi hening dan bersiap mendengarkan penyampaian beliau. Suasana yang sangat mengesankan dan patut diteladani. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan tentang “Pendidikan Sekolah yang Madani” dan Good School Governance City dengan target sekolah agar tahun depan sekolah-sekolah sudah mengajukan diri sebagai Sekolah Adiwiyata (Sekolah Menanam). Beliau juga memaparkan tentang Pencanangan dan sudah terlaksananya Pelaksanaan Gerakan Sekolah Bersepeda, Gerakan Bank Sampah Sekolah, serta adanya Harmonisasi di sekolah, Program Sekolah Mengaji dan Khatam Al-Quran, Guru Berzakat dan Berqurban, dan adanya Penertiban Siswa untuk Sekolah-sekolah tertentu. Beliau juga menyampaikan pentingnya pendidikan tata krama berbicara antara teman sebaya dan dengan orang yang lebih tua.

Setelah acara Pembukaan selesai, para peserta masuk ke kelas masing-masing dan melaksanaan Tes Awal yang berhubungan dengan Kurikulum 2013. Kemudian acara dilanjutkan dengan Materi Rasional dan Elemen Perubahan K-13, SKL, KI, KD serta strategi Implementasi K-13, Pendekatan, Model-model dan Penilaian Pembelajaran pada K-13, Analisis Buku Guru dan Buku Siswa, Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu, Perancangan Penilaian dan Pembelajaran Tematik, Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran, Analisis Video Pembelajaran, Penyusunan RPP, Tes Akhir dan Peer Teaching.

Agenda ini sangat bermanfaat terutama dalam pengembangan kemampuan dan penambahan ilmu tentang Kurikulum 2013. Selain itu, banyak hal yang dapat dipelajari dari para guru dengan perbedaan masa usia. Perbedaan cara penyikapan terhadap suatu permasalahan adalah hal yang patut diteladani, misalnya: membiasakan anak mendengarkan penjelasan sampai ke ujung pembicaraan dan setelah itu baru ditanggapi pertanyaan anak tersebut dan bahkan pertanyaan itu bisa jadi tidak berlanjut setelah mendegarkan pembicaraan sampai ke ujungnya.
Di Kelas V E, terdiri atas 6 Kelompok dengan jumlah peserta sebanyak 38 orang. Kelas yang kompak dengan tutor yaitu Ibu Sri Wahyuningsih dari SDN 051 dan Ibu Yulismar dari SDN 187 Pekanbaru. Para peserta juga diminta mengerjakan tugas kelompok Penyajian Analisis Buku Guru, Buku Siswa yang pemaparannya disajikan oleh Ibu Sri Wahyuni dari SDN 051  Kelompok 1 dan tugas mandiri yaitu pembuatan RPP dan Peer Teaching. Tampil saat Peer teaching berkelompok, yaitu: Ibu Rostioma Mutiara dari SD Kusuma, Bapak Karim Saefullah dari SD Babussalam, seorang Ibu Guru,  Bapak Qautsar Iman dari SDN 173 Pekanbaru, Bapak Suhudi dari SDIT BPMAA, dan Fitriyah Misdian dari SD Juara Pekanbaru. Dalam setiap penampilan, banyak ilmu yang semakin berkembang dan banyak cara pembelajaran dan metode yang dapat diambil sebagai pelajaan berharga. Setiap hari bertemu selama hampir sepekan membuat agenda perpisahan sangat berkesan. Semoga pertemuan-pertemuan dalam majelis ilmu ini dapat menambah ilmu dan menjadi amalan dalam kehidupan di dunia pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Pesan terakhir dari Panitia semoga setelah pelatihan ini ada perubahan yang lebih baik. Salam Semangat untuk Seluruh Guru Indonesia!

Komentar