Outing ke Pusat Daur Ulang



Pekanbaru (21/2). Anak-anak kelas 2 SD Juara Pekanbaru berkumpul di lapangan upacara sambil sesekali bercengkrama dengan teman-temannya. Dari wajah mereka terpancar rasa senang, karena hari ini adalah hari yang mereka tunggu dari seminggu yang lalu. Anak-anak akan belajar di luar ruangan. Guru kelas 2 akan membawa mereka ke "Dalang Colection pusat Daur ulang". Beberapa anak sesekali bertanya kapan akan berangkat karena angkutan yang dipesan masih dalam perjalanan. Ketika angkutan sampai anak-anak berlarian untuk naik. Sampai di dalam angkutan itu anak-anak serentak mengucapkan do'a naik kendaraan.

Kurang lebih 20 menit perjalanan, anak-anak dan guru pembimbing sampai di lokasi. Dari wajah mereka terlihat rasa penasaran dan ada juga yang secara langsung berkata "Buk, betul ini tempat outing kita? Kok banyak sekali sampahnya?. Dengan tersenyum guru pembimbing menjawab "Insyaallah nak, hari ini kita akan belajar disini".

Ibu Sovia sebagai pemilik Dalang Colection menyambut anak-anak SD Juara dengan sangat ramah. Acara dibuka pada jam 08.30 Wib, dibuka oleh perwakilan SD Juara kemudian dilanjutkan penjelasan oleh Buk Sovia. Buk Sovia menjelaskan kepada anak-anak bagaimana caranya agar sampah yang ada tidak merusak tanah, menyebabkan banjir, mengotori lingkungan, menjadi tempat bibit penyakit berkembang biak. Sampah-sampah itu harus dibuang pada tempatnya, dipisahkan antara sampah plastik, kaleng, kertas dan sampah organik. Anak-anak mendengarkan dengan seksama sambil sesekali bertanya. Buk Sovia menjelaskan dengan detail sambil memberi anak-anak motivasi agar mencintai lingkungan.

Setelah anak-anak puas bertanya kepada Buk Sovia, mereka kemudian berkeliling ke Bank Sampah. Melihat berbagai macam-macam sampah yang kemudian akan dikelola menjadi barang yang bermanfaat. Setelah itu, anak-anak melihat hasil karya kerajinan tangan yang berasal dari sampah yang telah di daur ulang. Terlihat berbagai macam tempat pensil, tas, baju, tudung saji, alas meja dan karya lainnya. Anak-anak terlihat takjub, karena sampah-sampah yang awalnya bagi mereka tidak berguna bisa menjadi barang-barang yang bagus dan bisa digunakan kembali. Selesai melihat-lihat hasil karya, anak-anak belajar menganyam dari barang bekas. Banyak ilmu penting yang mereka dapar hari ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan semakin menumbuhkan kesadaran anak-anak agar menjaga lingkungan, menghargai barang-barang yang mereka anggap sudah tidak penting lagi.

Komentar