Kamis, 19 Januari 2017

Belajar Membuat Laporan Pengamatan SD Juara Pekanbaru Kunjungi Taman Budaya






Pada hari Jumat (20/01/2017) kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Juara Pekanbaru dilaksanakan di luar sekolah. Untuk menarik minat peserta didik dalam belajar Bahasa Indonesia dilakukan kegiatan yang disukai oleh peserta didik yaitu kegiatan pengamatan langsung di lapangan. Sesuai dengan tema pelajaran yaitu menulis laporan, peserta didik diajak ke suatu tempat yang tidak jauh dari sekolah yaitu Taman Budaya. Mereka berangkat dengan berjalan kaki bersama. Di sana mereka mengamati bangunan dan bertanya tentang apa keguanaan dari Taman Budaya. Setelah kegiatan berlangsung peserta didik diarahkan untuk menyusun laporan pengamatan sesuai dengan penjelasan guru sebelumnya. “Kegiatan ini membantu guru untuk sampai kepada tujuan pembelajaran karena peserta didik memiliki perasaan senang dan sangat menikmati apa yang mereka lakukan” ujar Bu Amelia Salfitri, S.Si guru Bahasa Indonesia. Anak- anak juga merasa antusias dan bersemangat saat diminta menulis laporan karena mereka merasakan langsung pengalaman yang mereka tulis. Salah seorang peserta didik mengatakan ”saya jadi mengerti menulis laporan pengamatan karena kami dibawa langsung melihat Taman Budaya”, ujar Lajjang Lail Nurjati.

Belajar tantang Gerak Benda bersama Bu Reni SD Juara Pekanbaru






Kamis, 19 Januari 2017 . Peserta Didik Kelas III SD Juara Pekanbaru yang berjumlah 23 Orang  melaksanakan Praktikum Sains.  Tujuan diadakan Praktikum ini agar  siswa dapat mengetahui secara langsung tentang  gerak benda.  Bu Reni Ulfia menuturkan bahwa Gerak benda  dipengaruhi oleh beberapa hal: 1. Gerak Benda  berdasarkan luas permukaan 2.  Bentuk permukaan benda mempengaruhi gerak benda, 3. Gerak benda dan kegunaannya, 4. Bentuk permukaan lintasan mempengaruhi gerak benda, dan 5. Bobot benda dapat mempengaruhi gerak benda.  Seluruh peserta didik yang terlibat dalam kegiatan praktikum ini, mereka sangat antusias dan bersemangat menyiapkan alat dan bahan praktikum. Kegiatan praktikum ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Putri salah satu peserta didik sangat senang mengikuti praktikum ini, dengan diadakan nya praktikum ini putri semakin lebih memahami materi yang di sampaikan oleh guru, juga bisa menambah pengalaman dan wawasan.

Rabu, 18 Januari 2017

Juice Gizi Sang Juara







Alhamdulillah... senang rasanya melihat senyum peserta didik. Rabu, 18 Januari 2017, kembali SD Juara  Pekanbaru menyalurkan Gizi Juara dari donatur. Kali ini kami siapkan juice buah untuk peserta didik. "Alhamdulillah... enak sekali juicenya terima kasih donatur, RZ dan SD Juara," ujar Putri salah satu peserta didik kelas III.

Minggu, 15 Januari 2017

Siap Hadapi Ujian Akhir, SD Juara Pekanbaru Laksanakan Try Out Perdana




Siap Hadapi Tantangan Ujian Akhir, Kelas 6 SD Juara Pekanbaru Melaksanakan Try Out Perdana
Senin, 16 Januari 2017, Kelas VI SD Juara Pekanbaru melaksanakan Try Out Perdana pada Semester II ini. Ini adalah Try Out Eksternal yang diikuti Peserta Didik. Tidak hanya SD Juara, namun Try Out ini diikuti oleh hampir seluruh SD Negeri dan Swasta yang ada di Pekanbaru. Kegiatan ini adalah kerjasama dengan salah satu Penerbit, yaitu Persada dan ini Rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Peserta dari SD Juara yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 21 orang, yaitu 12 perempuan dan 9 orang laki-laki. Try out dilaksanakan di sekolah masing-masing sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Kegiatan berlangsung  selama 120 menit dan diawasi oleh guru kelas. Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar, walaupun tampak ketegangan pada wajah Peserta Didik. "Ini adalah Try Out pertama saya, rasanya deg-degan  berbeda dari ujian-ujian sebelumnya", ujar Indah salah satu Peserta Didik. Segala usaha kita lakukan untuk membantu peserta didik menghadapi US yang insyaAllaah akan berlangsung Bulan Mei mendatang, ini adalah salah satunya. “Semoga peserta didik terbiasa mengerjakan soal-soal US dan mereka terbantu dengan dilaksanakannya TO ini”, ujar Yesi Fitriani, S.P. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SD Juara Pekanbaru.



Kamis, 12 Januari 2017

Kunjungan Panitia "IKA Goes to School SMA PLUS Provinsi Riau" Ke @JuaraSD_PKU


Sebagai seorang Alumnus SMU Plus Propinsi Riau Bapak Suriksodi Saputro, ST yang tidak lain adalah Kepala SD Juara Pekanbaru aktif dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMU Plus. Jum'at, 13/01/2016 SD Juara Pekanbaru didatangi oleh Panitia IKA Goes to School SMA Plus. Kedatangan mereka yang bersamaan dengan acara Sosialisasi Hasil Kunjungan Peserta Rumah Qur'an. Setelah menyaksikan kegiatan sosialisasi mereka bercengkrama di ruangan Kepala Sekolah dan setelah itu diajak berkeliling SD Juara, sebelum pamit mereka berfoto bersama. Diharapkan ada peserta didik SD Juara yang mengikuti jejak Pak Surik untuk belajar di SMA Plus Propinsi Riau.



Sosialisasi Hasil Kunjungan Peserta Rumah Qur'an (SD Juara Pekanbaru) ke PLTA Koto Panjang dan Singkarak



Beberapa waktu yang lalu peserta Rumah Qur'an (SD Juara Pekanbaru) berkunjung ke PLTA Koto Panjang dan Singkarak. Kegiatan ini bernama Rihlah Al Qur'an, tidak sekedar jalan-jalan seluruh peserta tetap melaksanakan kewajibannya saja, tetapi malamnya mereka tetap melaksanakan Qiyamul Lail. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari SD dan SMP Juara Pekanbaru, guru pendamping dan perwakilan dari Lazis PLN.
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta didik SD Juara, Bapak dan Ibu guru, BM RZ Bapak M. Yunus dan perwakilan dari Lazis PLN Bapak Irianto Resi. kegiatan dimulai pukul 09.00-10.00 WIB. Acara dibuka oleh Pak Bayu, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Sekolah SD Juara, diikuti sambutan dari pihak PLN dan presentasi oleh peserta Rumah Qur'an yang sudah melakukan kunjungan.Acara ditutup dengan foto bersama. Terima kasih PLN, RZ yang sudah memfasilitasi Rumah Qur'an ... semoga semakin banyak anak-anak Indonesia yang menjadi penghafal Al Qur'an   Amiin....









Minggu, 08 Januari 2017

Sambut Hari Pertama SD Juara Pekanbaru dan Sedekah Oksigen bagikan Susu dan Roti






Pekanbaru (09/01/2017) libur telah usai saatnya kembali belajar, hari pertama belajar SD Juara Pekanbaru sambut siswa dengan membagikan susu dan roti. Hari pertama masuk sekolah tentu hari yang ditunggu-tunggu siswa sehabis liburan. Kegiatan hari pertama ini diawali dengan penyambutan siswa oleh guru-guru, dilanjutkan dengan apel pagi dan sarapan bersama roti dan susu dari sedekah Oksigen.
“Alhamdulillah di hari pertama masuk kita ada sedekah sarapan pagi oleh Sedekah Oksigen berupa roti dan susu” Ujar Pak Bayu Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SD Juara pekanbaru.
Selama sarapan guru dan siswa saling bercengkarama, selama liburan banyak cerita-cerita yang mereka ceritakan sambil menikmati sarapan bersama. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 berakhir pukul 08.30, selanjutnya siswa bersiap untuk dhuha dan membersihkan sampah makanan. “Suka dapat roti dan susu, enak. Semoga Allah memberikan pahala dan kasih roti dan susu lagi” sebut Syauqia siswi kelas 2 SD Juara Pekanbaru. SD Juara Pekanbaru merupakan sekolah gratis binaan Rumah Zakat (RZ) bagi yang ingin berbagi senyum kebahagian kepada anak baik berupa makanan dan lainnya kita sangat senang sekali dan terbuka untuk siapa saja yang ingin berbagi ujar Pak Bayu lagi.