Serunya Membuat Mendoan di SD Juara Pekanbaru



Pekanbaru,22 April 2017.
Pagi ini hari Sabtu, sekolah libur seperti biasa Tapi pagi ini peserta didik putri tampak berdatangan ke sekolah. Mereka nampak anggun dan dewasa dengan baju diluar seragam sekolah. Yah, mereka hadir ke sekolah mengikuti program keakhwatan,yakni sebuah program untuk melatih dan mengasah sisi perempuan dengan segala keahlian yang dimiliki. Diharapkan dengan program ini peserta didik putri lebih mengenal dunia perempuan, trampil dalam mengelola keterampilan yang patut dimiliki perempuan. Bahasa kerennya program keputrian akan menghasilkan perempuan-perempuan yang cerdas/smart di setiap bidang dan setiap kesempatan.

Keputrian hari ini kelas 5 dan kelas 6 diajari bagaimana membuat makanan sederhana, enak, dan bergizi tinggi, namanya tempe mendoan. Peserta didik putri dikenalkan pada bumbu-bumbu dan bahan pembuat tempe mendoan. Selanjutnya mereka diajari membuat adonan tepungnya, memotong tempe secara tipis, dan selnjutnya memasukkan tempe tersebut ke dalam minyak panas. Kehati-hatian dalam memasak dengan minyak panas menjadi pelajaran tersendiri bagi peserta didik.
Setelah tempe masak, peserta didik menikmati masakan mereka dengan suka cita. Dinda salah seorang peserta didik dari kelas 5 mengatakan tempe mendoan ternyata sangat enak, gurih, plus cara buatnya mudah dan bahannya murah serta mudah didapatkan. Ditambahkan oleh Nazmi, Gizi yang terkandung dalam tempe tak boleh diremehkan. Jadi tepatnya menurut Nazmi tempe mendoan adalah makanan tradisional yang enak, gurih, mudah pembuatannya, murah, dan bergizi.

Semoga dengan mengikuti program seperti ini sisi perempuan dengan segala keterampilan dan kelembutan yang dimiliki selalu terasah dan terus berkembang. Demikian tutur Bu Heni yang kali ini bertugas sebagai pendamping plus instruktur bagi peserta didik.

Komentar