Senin, 28 November 2016

Reward di Hari Guru


Merangkai jejak pada peringatan hari guru nasional, Sd Juara Pekanbaru memberikan reward kepada guru yang berhasil menunjukkan kinerja maksimal sesuai beban tugas masing-masing, inilah mereka : Ibu Heni Kusrini memaksimalkan kinerja di bidang pemberitaan eksternal FB, Ibu Dian Riza Kartina terpilih sebagai guru piket paling disiplin, Ibu Fitriyah Misdian sebagai guru kelas terbaik dalam hal publikasi serta release kegiatan KBM, dan Ibu Sri Rahmadani sebagai guru yang konsisten apapun kondisinya untuk melakukan homevisit ke rumah para peserta didik. Congratulation ya..tetap semangat, semangat berkompetisi, Kompetisi yang sehat untuk kebaikan! Salam Juara!



Minggu, 27 November 2016

Workshop Mengelola Perilaku Peserta Didik pada Hari Guru Nasional di SD Juara Pekanbaru








Dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2016 SD Juara Pekanbaru menaja Workshop Internal khusus untuk Guru-guru SD Juara Pekanbaru. Workshop yang diikuti oleh 16 guru dan tenaga kependidikan yang diadakan kali ini mengangkat tema " Mengelola Perilaku Peserta Didik". Pemateri yang memberikan ilmunya pada kegiatan ini adalah seorang praktisi yang sehari-hari berkecimpung di dunia pendidikan khususnya psikologi anak yaitu Ibu Devi Afrianti S.Psi.
Materi yang terdapat dalam workshop ini diantaranya menggali pendapat/interaksi dengan guru tentang hambatan yang diterima guru dalam mengajar di SD Juara Pekanbaru kemudian diberikan beberapa solusi penyelesaian atau cara menghadapinya. Guru diberikan informasi tentang faktor yang mempengaruhi perilaku anak, ciri-ciri/karakteristik anak usia SD dan tahapan-tahapan yang harus dilewati dalam menyelesaikan permasalahan anak.
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yaitu mengajar dan mendidik peserta didik, guru tetap membutuhkan sarana dalam menambah ilmu untuk meningkatkan kapabilitasnya. Inilah yang disadari Guru-guru SD Juara sehingga mereka bersemangat mengikuti workshop ini.
Salah seorang Guru SD Juara Pekanbaru, Fitriyah Misdian, S.Pi menyampaikan kesannya terhadap Workshop ini, "Workshop ini sangat bermanfaat, membuka fikiran atas hambatan yang ada dalam mengatasi perilaku peserta didik. Semoga kami bisa menerapkan ilmu yang pemateri sampaikan". Guru yang baik adalah guru yang mau terus belajar dan memperbaiki diri. (Amelia Salfitri_SD Juara Pekanbaru)

Kamis, 24 November 2016

SD Juara Pekanbaru Gelar Uji Publik


Bertepatan dengan peringatan Hari Guru SD Juara Pekanbaru melakukan acara uji publik untuk peserta didik yang sudah menamatkan iqro'. Ada tiga orang yang melakukan uji publik yaitu Regina, Ivan dan Fahri. Tiga orang peserta uji publik kali ini berasal dari kelas V. Mereka  yang sudah berjuang menamatkan buku Iqro'nya dan akan berlanjut ke Al-Qur'an, kitab suci mulia. Diakhir acara, peserta uji publik memperoleh hadiah berupa Al Qur'an. Barokallah ya Nak... semoga Al-Qur'an yang sekarang sudah berhasil engkau baca dengan lancar bisa membelamu di akhirat kelak, jadikan dia petunjuk dalam hidupmu.




Peringati Hari Guru Nasional, Bunga Bertebaran di SD Juara Pekanbaru












25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, terharu melihat apa yang dilakukan peserta didik untuk guru-gurunya yang tercinta.

trimakasih anak-anak .......

Rabu, 23 November 2016

Mengawal Anak Menjadi Generasi Tangguh dan Robbani






Rabu, 23 November 2016 SD Juara Pekanbaru mentaja acara Parenting School. Acara dimulai jam 08.30 sampai jam 10.30 wib. Parenting School Bulan November ini mengangkat tema “Mengawal Anak Menjadi Generasi Tangguh dan Robbani”. Materi ini disampaikan oleh Bapak Ayat Cahyadi, beliau adalah Wakil Walikota Pekanbaru.

Parenting School dilaksanakan di ruangan Mesjid Baitul Makmur, sekomplek dengan SD Juara. Acara dibuka dengan tilawah Qur’an oleh Bapak Zulhikmi, ayah Zulfadhli kelas 4. Setelahnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Parenting oleh Bapak Ayat Cahyadi. Beliau menyampaikan materi hingga jam 10.15 wib. Setelah memaparkan materi, Pak Ayat menguji pemahaman orang tua SD Juara Pekanbaru terhadap materi yang disampaikan dengan melemparkan pertanyaan, ada door prize bagi siapa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Door Prize yang berupa peralatan dapur. Lima pertanyaan yang diajukan pemateri terjawab oleh 3 orang ibu dan 2 orang bapak.

Orang tua nampak tertarik mendengarkan pemaparan materi dari Pak Ayat. “materinya mudah dipahami” demikian komentar Ibu Roslaini. Sedangkan ibu Ari mengatakan cara penyampaian materi yang ringan dan diselingi beberapa candaan sungguh menyenangkan”. Orang tua yang hadir pada pertemuan kali ini  sebanyak 123 orang. Semoga dengan terus bergulirnya program Parenting School ini, semakin bertambah wawasan para orang tua dalam mendidik anak.

Mengenal Hari Lewat Lagu






(2016/11/22) Kegiatan belajar Bahasa Inggris Kelas IV, mengenal nama-nama hari dengan menggunakan metode sing a song dengan harapan materi yang diberikan menjadi lebih mudah diingat dan dipraktekkan oleh anak-anak dalam mengulang kembali nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. 
Sebelumnya guru memberikan contoh pengucapan yang benar lalu diikuti oleh siswa, lalu mereka mengulanginya lagi sampai hafal. Setelah itu guru memutarkan video tentang nama-nama hari yang dinyanyikan bersama-sama. Kemudian secara bergantian siswa bernyanyi berpasangan (metode pairs) di depan kelas. KBM hari itu sangat berkesan karena hanya dengan bernyanyi mereka tanpa sadar sedang menghafal.

Senin, 21 November 2016

Praktek Wudhu yang Benar








Senin, 21 November 2016 Peserta Didik kelas 2 SD Juara Pekanbaru melaksanakan kegiatan pembelajaran PAI. Tema pelajaran hari ini adalah Tata Cara Wudhu dengan Sub Tema Praktik Berwudhu. Peserta didik dituntut untuk melaksanakan tata cara wudhu dengan benar. Karena ini merupakan tema yang harus diketahui sejak dini jadi harus dilakukan dengan baik dan benar. 

Sebelum peserta didik melaksanakan praktek wudhu peserta didik diberikan penjelasan tentang bagaimana berwudhu sebelum nantinya peserta didik melaksanakan praktek wudhu. Disaat guru memberikan materi pelajaran peserta didik tampak antusias mengikutinya, ini dibuktikan dari munculnya beberapa pertanyaan dari peserta didik. Tidak sampai disitu peserta didik juga ingin langsung memperaktekkan bagaimana tata cara berwudhu yang benar. Setelah materi disampaikan semua,  guru mengajak peserta didik untuk memperaktekan tata berwudhu dengan arahan guru, ini membuktikan bahwa pelajaran PAI pada sub tema tata cara berwudhu termasuk pada pembelajaran yang tuntas tidak hanya  tuntas pada aspek kongnitifnya saja tetapi aspek afektif dan psikomotornya juga tuntas. Ini sesuatu yang luar biasa karena dengan tercapainya ketuntasan tersebut maka tujuan pembelajaran PAI juga tercapai.

Wujudkan Generasi Tangguh dengan Berenang







Keceriaan terpancar dari setiap wajah mereka saat berenang bersama.


Untuk mewujudkan generasi muslimah yang tangguh, sehat jasmani dan rohani, SD Juara Pekanbaru mengadakan agenda keputrian yang dilakukan sekali dalam sebulan, kegiatan yang dilakukan bermacam-macam diantaranya, memasak, membuat kue, dan ketrampilan yang berkait erat dengan dunia keputrian lainnya. Tak lupa menjaga kebugaran badan dengan belajar berenang bersama, karena ini adalah skill penting yang harus dikuasai seorang muslimah.