Senin, 31 Oktober 2016

Kejutan pada Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia di SD Juara Pekanbaru




Hari Cuci Tangan Pakai Sabun yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2016 mendapat perhatian khusus oleh Klinik Pratama RBG sehingga pada Hari Jum’at, 28 Oktober 2016 dilaksanakanlah kegiatan Pemberian Reward sebagai Apresiasi atas Prestasi Para Petugas UKS SD Juara Pekanbaru yang memberikan ilmunya kepada teman-teman serta adik kelas tentang Cuci Tangan Pakai Sabun. 

Attailah Adi Saputra, Adam Mehdi  dari Kelas 5 Kholid Bin Walid, kemudian Siti Zahra Putri, Annisa Khairani, Hassan Abdul Aziz, Abu Bakar Siddiq dari Kelas 4 Ali Bin Abi Thalib  adalah Petugas UKS yang berani menjawab tantangan tersebut. Bidan Amel yang menjadi penanggungjawab kegiatan ini selalu berkontribusi baik terhadap kegiatan Kesehatan di SD Juara Pekanbaru. 

Rangkaian kegiatan presentase yang telah dilakukan sebelumnya dengan mempresentasikan Cuci Tangan Pakai Sabun ini diharapkan dapat menjadikan Peserta Didik terutama Petugas UKS memiliki keahlian sejak dini dalam menyampaikan ilmu dalam kebaikan yang mereka peroleh agar lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Minggu, 30 Oktober 2016

Kemeriahan Peringatan Sumpah Pemuda di SD Juara Pekanbaru















Senin, 31  Oktober 2016 SD Juara Pekanbaru memperingati hari Sumpah Pemuda di lingkungan sekolah. Ada lomba seru, diantaranya pembacaan teks Sumpah Pemuda, Ranking 1, dan Musikalisasi Puisi. Peserta didik berasal dari perwakilan seluruh kelas, mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI. Penampilan peserta didik menjadi lebih  menarik karena mereka mengenakan pakaian daerah. “Peringatan Sumpah Pemuda kali ini kita mengadakan berbagai lomba. Sarana mengedukasi tentang semangat para pemuda, dimana tema kita juga semangat berprestasi. Mudah-mudahan semangat itu bisa didipahami dengan baik oleh anak-anak” ujar Pak Bayu, Kesiswaan SD Juara.  Kegiatan ini sangat diminati oleh para siswa, karena terbukti banyak siswa yang mendaftar. Tampak jelas bahwa peserta lomba sangat antusias mengikuti perlombaannya. “Saya sangat senang sekali mengikuti lomba untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928. Saya juga mengikuti lomba pembacaan text Sumpah Pemuda dan Rangking 1. Semoga saya menang dalam perlombaan ini. Aamiin. Dan sekali lagi saya sangat senang sekali” ungkap Sarah dengan penuh ceria.

Kamis, 27 Oktober 2016

Kunjungan ke Riau Expo

Riau Expo adalah salah satu agenda tahunan yang selalu diadakan setiap tahun di Kota Pekanbaru. Seperti biasanya, SD Juara Pekanbaru tidak ketinggalan untuk meramaikan acara tersebut. Tanggal 26 Oktober 2016 Pak Taufik Hidayat mengajak peserta didik kelas IV untuk mengunjungi pameran tersebut. Mereka mengunjungi berbagai stand yang ada disana. Berikut dokumentasinya .....





Matematika Itu Unik






Berbeda dari biasanya, kali ini anak-anak kelas 1 belajar penjumlahan bilangan 1 sampai 20 dengan menggunakan media korek api. Anak-anak diminta menyusun batang korek api di atas kertas.  Batang korek api yang mereka susun sesuai dengan gambar yang mereka inginkan. Ada yang membuat rumah dan ada juga yang membuat berbagai bentuk bangun ruang seperti segitiga, segi empat,  belah ketupat.  Setelah mereka menyusun batang korek api tersebut,  mereka menuliskan jumlah korek api yang dibutuhkan dari setiap bangun ruang setelah itu dijumlahkan semuanya.  Sehingga anak-anak bisa mengetahui berapa jumlah seluruh korek api yang mereka butuhkan untuk membuat bangun ruang di atas kertas.

Senin, 24 Oktober 2016

SD Juara Pekanbaru Juara Umum III Pesta Siaga Pramuka



Pesta Siaga Pramuka Kwaran Bukitraya yang diadakan tanggal 23 Oktober 2016 memperoleh hasil yang gemilang. SD Juara Pekanbaru berhasil mendapatkan kesempatan menang  pada Lomba Tarik Upih Ikhwan Juara 1 dan Akhwat Juara 2. Lomba Mencium Bumbu Dapur Ikhwan Juara 2 dan Akhwat Juara 3. Lomba Hasta Karya Ikhwan Juara 2, Lomba Pembacaan Dwi Darma dan Dwi Satya Ikhwan Juara 3. Perlombaan ini diikuti oleh 7 Barung dari 7 Sekolah yang bertarung. 

SD Juara Pekanbaru mengirimkan 1 Barung Ikhwan “Garuda” dan Barung Akhwat “Oren”. Perlombaan ini diikuti oleh Peserta Didik Kelas 6, 5, 4, dan 3 yaitu: Ervina Agustin, Nazmi Yasfhina, Yuhendra Pratama, Annabila Azzahra Mansyah, Dinda Maharani, Zhahara, Fatimatul Zahra, Lajjang Lail Nurjati, Ivan Antoni, Adly Hakimi, Rozak Al Fatah, Rahmad Hidayat, Daffa Prayoga Ali, Putri Melanie, dan Annisa Khairani.
Agenda dimulai jam 8 untuk Pembukaan sampai jam 9 dilanjutkan dengan Lomba Vocal Hymne Pramuka dan Mars Pramuka. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Hasta Karya, Tahfidz, Penampilan Perlengkapan Pramuka, Pembacaan Ikrar Dwi Darma dan Dwi Satya. Sebelum Zhuhur dilaksanakan lomba Menangkap Belut dan dilanjutkan dengan istirahat. Pukul 13.00 WIB Lomba Mencium Bumbu Dapur, Bakiak panjang, Tarik Upih dan Lipat Pakaian pun diadakan. Pengumuman lomba dilakukan setelah sholat Ashar. Akhirnya, dimumkanlah Barung Ikhwan “Garuda” mendapatkan Juara 3 Umum Juara Umum Ikhwan 1 berasal dari  SD Negeri 190 sedangkan Juara Umum 2 yaitu: SD YLPI.

Persiapan dilakukan hari Senin , 17 Oktober 2016 setelah  masuk Surat Undangan Pesta Siaga Pramuka Kwaran Bukitraya, PJ Perlombaan dan Para Pembina Pramuka mulai tahap penyeleksian anak pada hari Selasa sekaligus latihan. Penanggung jawab lomba masing-masing, yaitu Bu Dian Riza untuk Lomba Hasta Karya, Pak Taufik Hidayat Lomba Mencium Bumbu, Tarik Upih, dan Bakiak Panjang.  Bu Rusmiati Lomba melipat Pakaian, Hymne dan Mars Pramuka Bu Heni, Ikrar Dwi Darma dan Dwi Satya Bu Yesi.
 “Manfaat kegiatan adalah untuk menguji keberanian, kekompakan, kedisiplinan dan menguji kemampuan mereka untuk bersaing”, ujar Pak Taufik dan Bu Ati di sela-sela istirahatnya.