Kamis, 23 Juni 2016

Rapat Kerja SD Juara Pekanbaru TP.2016-2017


Pekanbaru (24/6/2016) Agenda Rapat Kerja Guru di SD Juara Pekanbaru dilaksanakan pada hari Senin sampai hari Jum’at insyaAllaah. Pada hari Senin agenda ini mengevaluasi Kelas 1 dan 2 dan dilanjutkan dengan Rapat Komisi pembahasan hal-hal teknis lapangan. Komisi A membahas tentang Pembiasaan Dhuha, Wudhu’ Zhuhur, Komisi B membahas tentang Baca Tulis Hitung (Calistung) dan Membahas tentang Buku Komunikasi.

Raker semakin menjurus pada hasil pada hari ke-2 dan 3. Hari ke-2 dilanjutkan dengan Evaluasi Kelas 3 dan 4 dan penyampaian hasil rapat Komisi A dan B. Ada perubahan teknis lapangan dalam pembahasannya dan semoga perubahan ini dapat diaplikasikan untuk agenda-agenda yang lebih baik. Pada hari ke-3 Agenda Raker SD Juara Pekanbaru melanjutkan pengevaluasian Kelas 5 dan 6, pembahasan Core Value tentang Do'a dan Zikir yang dijadikan pembiasaan Peserta Didik.
Raker semakin bersemangat pada hari ke-4 dan 5. Hari ke-4 dilanjutkan dengan Pembahasan Core Value tentang Instrumen Penilaian yang akan digunakan untuk Setiap Kelas. Pada hari ke-5 agenda dilanjutkan dengan Pembuatan Program Kerja masing-masing Guru. Alhamdulillaah kegiatan ini berjalan lancar dan juga lebih fresh dengan adanya Ice Breaking yang dibawakan dari masing-masing Guru.

Sabtu, 11 Juni 2016

Ramadhan Bahagia SD Juara Pekanbaru bagikan Kado Lebaran Yatim dan Berbagi Buka Puasa


Pekanbaru (10/16) ramadhan bulan kebahagian bagi semua muslim, selain bulan yang digunakan untuk beribadah, ramadhan bulan berbagi kebahagian. Kebahagian itu yang terlihat pada agenda yang dilaksanakan SD Juara pekanbaru dalam kecerian Ramadhan.
SD Juara Pekanbaru  laksanakan agenda berbagi buka puasa sebanyak 350 paket Berbuka Puasa dan 74 kado untuk lebaran yatim.

Peserta yang terdiri dari anak-anak dan orangtua ini dilaksanakan di halaman sekolah SD Juara pekanbaru, dimulai pukul 16.30 ceramah agama oleh Utsd Syahrul Bariyah S.Pdi dengan judul “Puasa ramadhan panggilan untuk orang beriman”. Setelah mendengarkan ceramah agama peserta bersiap untuk berbuka bersama dan pembagian Kado lebaran dan dilanjutkan sholat Magrib berjamaah, anak-anak dan orangtua bersemai dalam kebahagian ramadhan.
Berbagi buka puasa merupakan paket yang terdiri dari makanan berbuka dan makan, sedangkan kado lebaran terdidir dari perlangkapan sekolah tas dan buku, dan makanan. Paket berbagi buka puasa dan kado lebaran yatim merupakan donasi dari berbagi pihak melalui RZ (Rumah Zakat).
“Alhamdulillah agenda ini bisa terlaksana berkat doa dan donasi berbagai pihak melalui RZ (Rumah Zakat), inysa Allah pekan kedua kami akan melaksanakan pembagian kado lebaran  yatim sebanyak 69 paket.”  Ujar Bayu Kordinator agenda

Peserta pulang pukul 19.00 dengan kecerian selain mendapat tausyiah agama, berbuka puasa dan juga mendapat kado.



Rabu, 08 Juni 2016

Klinik RBG RZ Bedah Tips Sehat Berpuasa di SD Juara Pekanbaru


Rabu (08/06) Klinik Pratama RBG RZ Pekanbaru melakukan sosialisasi Manfaat dan tips Puasa Sehat kepada siswa dan siswi SD Juara Pekanbaru di Jl. Warta Sari, kota Pekanbaru. Sosialisasi ini disampaikan oleh Tri Anwarrudin dari Klinik Pratama RBG Pekanbaru.

“Pada saat bulan Ramadhan khususnya, umat muslim diharuskan untuk melakukan ibadah puasa sesuai dengan syariat islam. Manfaat puasa sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini dapat dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.” papar Pak Tri Anwarrudin di sela pemaparan materinya.
“Terlebih apabila berpuasa dibulan Ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.” lanjutnya.
Berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.
1. Meningkatkan kemampuan otak
Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak.
2. Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan.berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
3. Menurunkan kadar kolesterol
Menurunkan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Menurut penelitian, orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung.
4. Dapat berfikir lebih tajam dan lebih kreatif
Puasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam. Rasa lapar ketika berpuasa merupakan masalah yang wajar apabila rasa lapar memaksa untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.
5. Mengurangi kebiasaan buruk
Berpuasa dalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Selama kegiatan berpuasa dapat menghentikan kebiasaan merokok dan makan makanan yang manis.
6. Mengontrol berat badan
Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.
7. Menyehatkan ginjal
Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum.fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12000 ml osmosis/kg air Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah puasa.
8. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Manfaat puasa juga dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk. Selama berpuasa, anda dapat mendetosifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan selama 1 bulan.ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar racun yang berbahaya dalam tubuh.
9. Mencegah diabetes
Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.
10. Menyerap banyak nutrisi
Metabolisme akan lebih efisien ketika berpuasa. Metabolism yang efisienberearti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan semakin besar. Hal ini karena terjadinya peningkatan hormone adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa antara puasa dengan sahur, sehingga memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh.
12. Mengatasi sakit sendi dan encok
Dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat sakit encok sedikit demi sedikit menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa adanya korelasi meningkatnya kemampuan sel penetral atau pembasmi bakteri dengan membaiknya radang sendi atau penyebab encok itu sendiri.

Dalam kesempatan tersebut Pak Anwar pun menyampaikan tips sehat berpuasa yang meliputi berdo’a, olahraga dan makan makanan sayuran yang berserat.
Agar puasa tidak cepat merasa lapar sebaiknya mengkonsumsi makanan yang berserat ketika berbuka puasa dan sahur, bayam dan brokoli sangat dianjurkan karena kaya serat. Untuk buah tidak dianjurkan dalam bentuk jus karena ketika proses blender buah justru akan merusak serat pada buah. Makanan berprotein dan mengandung lemak juga bisa menjadi pilihan karena lebih lama dicerna oleh tubuh. Untuk ketika berbuka puasa hindarilah makanan gorengan. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi ini.

Senin, 06 Juni 2016

LAUNCHING RUMAH QURAN KERJASAMA LAZIS PT. PLN (PERSERO) RIAU-KEPRI dan RZ CABANG PEKANBARU

Senin, 6 Juni 2016 PT PLN Riau Kepri  menggandeng RZ sebagai mitra dalam program Rumah Quran. Program kali ini insya Allaah akan mendidik 10 orang anak yang terdiri atas masing-masing 5 orang dari Peserta Didik SD dan SMP Juara Pekanbaru dengan  mendatangkan Musyrif yaitu Bapak Muhammad Nasir beserta istri yang sudah berpengalaman dalam bidang Tahfidz Quran selama 17 tahun. Beliau insya Allaah akan membimbing anak-anak dalam menghafal Al-Quran. Bu Resti Hartanti yang merupakan Brain Manager RZ Pekanbaru mengatakan bahwa anak-anak yang diikutkan akan dididik selama insyaAllaah satu tahun ke depan. Bapak Nasir menambahkan bahwa target beliau adalah anak-anak ini dapat menghafal 3- 5 juz Al-Quran. 


Kecamatan Marpoyan Damai yang menjadi tempat Rumah Quran ini adalah kawasan nomor 2 terbanyak jumlah penduduknya setelah kecamatan Tampan. Bapak Fiora Helmi, Camat Marpoyan Damai yang menghadiri kegiatan ini mengatakan, “Kami dari pihak Kecamatan Marpoyan Damai bersama Pak Lurah Tangkerang Barat mengucapkan Selamat kepada Rumah Zakat dan juga kepada General Manajer PT PLN Riau Kepri melalui Lazis Zakatnya yang sudah memberikan Program Positif melalui Kegiatan Sekolah Tahfidz dan Hafidz Al-Quran dan yang paling bersyukur adalah kegiatan ini dipusatkan di Kecamatan Marpoyan Damai. Jadi, sekali lagi ucapan terimakasih dan selamat mudah-mudahan kepada adik-adik yang mengikuti tahfidz dan hafidz Al-Quran ini bisa kelak menjadi generasi madani sesuai dengan Visi Misi Bapak Walikota Pekanbaru menjadikan Pekanbaru sebagai kota Metropolitan yang Madani.”
Bapak Edi Wardila, Lurah Tangkerang Barat menyampaikan, ”Alhamdulillaah, Kami dari Pemerintah kelurahan bersyukur dan  berterimakasih dipilih untuk tempat domisili Rumah Quran ini di Tangkerang Barat khususnya tempatnya di RW 11 mudah-mudahan mendapatkan keberkahan daerah kami dan memberikan motivasi kepada generasi muda kami di sini, terutama anak-anak.”
Harapan dari Lazis PT PLN (Persero) yang disampaikan oleh Bapak Dwi Surya Abdullah, “Nantinya ke depan adik-adik menjadi generasi penerus penghafal Quran tentunya tidak hanya menghafal tetapi mengamalkan ajaran-ajaran yang ada di Al-Quran.”

Kamis, 02 Juni 2016

SD JUARA PEKANBARU EDUWISATA KE PULAU BATAM


Agenda Fiedtrip ke Batam berjalan lancar. Persiapan tabungan, penginapan, konsolidasi tempat dan persiapan lainnya pun alhamdulillah selesai. Batam menjadi pusat perjalanan yang unik dan menyenangkan.  Sebanyak 47 orang rombongan yang terdiri dari 24 Peserta Didik Kelas 6 SD Juara Pekanbaru Guru dan keluarga berangkat dengan semangat.

Pak Shofar, Pak Jasman yang menjadi tour guide Batam dan PAk Muhammad Bayu Putra sebagai Koordinator Lapangan alhamdulillah memberikan tingkatan ukhuwah terbaik. Awalnya, kami semua berkumpul di Bandara Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru untuk keberangkatan sekitar jam 9. Semua siswa sudah berkumpul menunggu saat-saat keberangkatan. Mengantri dibeberapa ruang tunggu.
Pengalaman anak-anak mengantri dan memeriksakan diri dan barang menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka. Sekitar jam 11 an kami memasuki pesawat. Kamipun duduk berdasarkan tempat duduk dan beberapa mengalami perpindahan untuk penyesuaian. Saat pesawat take off anak-anak sangat antusias, melihat pemandangan dari atas. Menyenangkan, menegangkan, dan mengharukan berada di atas sana.
Menunggu jemputan bus, kamipun makan bersama di halaman bandara. Kebersamaan itu sangat terasa. Bus kemudian datang. Bus DSNI Amanah yang merupakan Lembaga Zakat lokal (Daerah Batam) ini mengantarkan kami dengan nyaman ditambah juga peran Pak Herman dan mobilnya yang turut membantu para rombongan Pekanbaru menyusuri  jalanan Batam. Kemudian kami singgah di Mesjid Jabal Arafah. Di sana kami disuguhi interior mesjid yang “amazing”, bersih, nyaman, asri dan memiliki lembaga zakat.  Di komplek Mesjid ini, kami menaiki MJ Tower yang dari atasnya kami dapat melihat pemandangan Negara Singapura.  Kemudian menuju Pusat Kota Batam yaitu Nagoya Hill dan berbelanja keperluan diri. Kemudian dilanjutkan ke Asrama Haji Batam yang sangat rapi dan nyaman.

Hari Sabtu, 28 Mei 2016 kami berkunjung ke DSNI Amanah yang membantu dalam hal transportasi. Kemudian menyeberang jalan kami menuju Rumah Makan milik Bapak Janu Rosiandy yang sangat membantu untuk konsumsi selama kami berada di sana. Bersyukur mengunjungi dan bertemu orang-orang hebat yang mau berbagi. Semoga Allah SWT memudahkan urusan beliau di dunia dan akhirat, aamiin.
Setelah itu kami menuju Jembatan Barelang yang menghubungkan Pulau Batam, Rempang dan Galang ini begitu indah dan merupakan karya yang bermanfaat. Setelah itu kami menuju Kampung Vietnam yang berada di Pulau Galang. Di sana terdapat Museum, lokasi pekuburan dan benda-benda bersejarah lainnya. Kampung ini merupakan tempat penampungan pengungsi Vietnam di era Presiden Soekarno yang mengungsi karena kondisi negaranya yang tidak aman.

Kemudian kami menuju Pantai Mirota yang juga berada di Pulau Galang. Di sana kami menikmati pemandangan pantai dan permainan Banana Boat dan menyusuri pantai dengan menggunakan perahu bermesin. Dua pantai pun kami lalui. Saatnya  kembali pulang ke Pantai Mirota dengan rasa takjub kepada Allaah SWT atas segala Ciptaan-Nya.

Rombongan bus kemudian singgah di Mesjid Al-Barqoh yang berada di atas bukit sebelum Jembatan Barelang. Dan rombongan mobil lain singgah di Mesjid Al-Amin mesjid yang merupakan calon Mesjid Paripurna yang masih dalam tahap penyelesaian. Kembali ke asrama, evaluasi kegiatan oleh Pak Suriksodi Saputro, S.T tentang pentingnya menghargai orang lain dilanjutkan dengan mengunjungi pusat perbelanjaan di sekitar asrama haji.

Ahad pagi 29 Mei 2016 kami berkunjung ke Alun-alun MTQ Nasional. Suasananya hampir mirip dengan suasana campuran antara MTQ di Pekanbaru, Car Free Day, dan Mesjid Agung Annur.  Kemudian kami berkunjung ke Pantai Costarina dan bermain sepeda sambil menikmati pemandangan pantai dan makan siang kemudian kami bersiap menuju Bandara Hang Nadim untuk kembali ke Pekanbaru.
“Suasana mesjid yang tertata rapi, sejuk, nyaman dan mandiri serta kamar mandi yang bersih membuat rasa ingin kembali ke Batam”, ujar Bu Mira.

Kreativitas Pekan Kreasi Juara SD Juara Pekanbaru Banjir Hadiah




Selesai menggelar PKJ (Pentas Kreasi Juara), panitia kecil segera berembuk untuk memilih penampilan terbaik dalam pentas yang diadakan bersempena dengan gelar wisuda angkatan V SD Juara Pekanbaru pada hari Kamis, 26 Mei 2016. Seperti diketahui gelaran wisuda kali ini mengambil konsep Pentas Kreasi Juara yang mengangkat tema From Zero To Hero. Acara wisuda yang diadakan di halaman masjid Baitul Makmur kompleks SD Juara memang dikemas dengan semarak penampilan atau kreasi anak-anak sekolah dasar juara Pekanbaru.

Acara Pentas Kreasi Juara dimulai jam 08.30 dan berakhir sekitar jam 11.30 wib. Dalam durasi beberapa jam itu, aneka kreasi ditampilkan oleh anak-anak peserta didik SD Juara Pekanbaru. Adapun jenis kreasi yang ditampilkan adalah: tari persembahan, chicken dance, yel-yel adiwiyata serta senam Tommy ,lagu-lagu pembelajaran, tari kipas, tari atau senam penguin, musikalisasi puisi dan nasyid cebisan kenangan, taekwondo,  Excul pramuka kelompok putra dan putri , drama musikal yang bertema perpisahan antar teman. 

Ternyata kreatifitas tanpa batas tidak hanya dimiliki oleh peserta didik, para orang tua yang tergabung dalam grup mentoring ibu-ibu SD Juara Pekanbaru juga menampilkan kreasinya. Mereka menampilkan hafalan surat Annaba’ dan sholawat badar . Penampilan terakhir dalam PKJ ini adalah beberapa peserta didik kelas VI membawakan nasyid karaoke Kun Anta yang dibarengi gerakan tari ciptaan mereka sendiri.
Panitia kecil segera memutuskan siapakah yang menampilkan kreasi terbaik. Penilaian dibagi menjadi 3 kategori. Kategori pertama adalah kreasi yang ditampilkan kelas I sampai III, pilihan juri jatuh pada kelas II yang tampil bling-bling dengan mahkota kertasnya. Kategori kedua adalah kelas IV sampai kelas VI, pilihan juri jatuh pada kelas V yang tampil penuh warna. Kategori ketiga adalah tampilan ekstrakurikuler yang dimenangkan oleh Taekwondo yang tampil gagah dan memukau. Tak lupa juri memberi penghargaan juga kepada pelatih terbaik yang diberikan kepada Bu Heni dan Bu Mira Zulrahmi.
Erfina salah seorang peserta didik kelas V mengatakan acara PKJ ini sangat menarik, karena membuat semua orang berusaha menampilkan kreasi terbaiknya, banyak ide-ide kreativ yang muncul. Sementara itu Ibu Heni mengatakan PKJ ini mesti dikembangkan, menjadi sebuah agenda rutin bulanan yang akan memaksa ide-ide kreatif dari guru kelas dan peserta didik keluar dan tersalurkan.
Sampai jumpa di PKJ tahun depan dan selamat berkreasi.