Jumat, 26 September 2014

Pemilu di SD Juara Pekanbaru





24 September 2014 adalah hari yang bersejarah bagi Sefia dan Dea, karena mereka terpilih menjadi gubernur  SD Juara. Acara ini berkaitan dengan pelajaran PKN yang sedang mereka pelajari.

Satu pekan sebelumnya diadakan kampanye, sebelum jam pelajaran dimulai. Ada empat pasangan calon gubernur, satu pasangan Ikhwan dan tiga orang lagi Akhwat.

Dihari pemilihan, semua peserta didik memperoleh hak suara. Semua peserta sangat antusias mengikuti pemilihan langsung ini. Acara dimulai pada pukul 07.30 dan berakhir pukul 08.30 WIB. 








Rabu, 24 September 2014


SD Juara Pekanbaru meraih juara pertama dalam perlombaan Cerdas Cermat yang digelar oleh Satlantas Polresta Pekanbaru dalam rangka ulang tahun Polantas yang ke-56, Sabtu (20/9).

Siswa SD Juara Pekanbaru yang dikirim mengikuti perlombaan ini terdiri dari dua grup, setelah penanggungjawab lomba yang ditunjuk sekaligus pelatih lomba cerdas cermat dari SD Juara Taufik Hidayat menyeleksi para peserta. “Metode latihan para peserta yang digunakan adalah paar peerta diberikan bahan belajar dan diminta membaca, menghafal dan menjawab pertanyaan. Pada hari selanjutnya, pelatih menanyakan kesiapan para calon peserta untuk berkompetisi dengan melatih kekompakan dalam 1 tim dengan membuat simulasi soal yang hampir mendekati soal tes cerdas cermat yang diadakan Polresta,” ungkap Taufik Hidayat.

Grup ke-1 diwakili oleh Ifah Husna Mahira siswa kelas V dan Siti Aisyah siswa kelas IV, grup ini sekaligus dinyatakan menjadi juara 1 perlombaan ini. Adapun grup ke-2 diwakili oleh Rahmi Ayu Nurfatimah siswa kelas IV dan Vazira Yusri Oktafiani siswa kleas V. Grup ini hanya sampai babak penyisihan yang diadakan di Polresta Pekanbaru.

Jumlah peserta perlombaan sejumlah 14 tim yaitu, SD Juara Pekanbaru, SD Santa Maria 1, Santa Maria 2,SD Bhayangkari, SD Cendana, SD Brimob, dan SD Swasta lainnya. Setiap sekolah mengutus 2 tim untuk mengikuti lomba cerdas cermat.

Pada babak final, perlombaan digelar di Mall SKA Pekanbaru, SD Juara Pekanbaru berhadapan dengan SD Santa Maria 2 dan dalam perlombaan tersebut SD Juara memenangkan perlombaan dan meraih juara pertama, sehingga berhak mendapatkan hadiah perlengkapan sekolah, piala dan uang tunai Rp700 ribu.***

Senin, 22 September 2014

Catatan Akhir Pekan “Kurikulum 2013, Lanjutkan!” by Fitriyah Misdian


Pelatihan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang dilaksanakan mulai tanggal 15-19 September 2014 ini diperuntukkan untuk guru kelas V lebih kurang 200 orang se-Kota Pekanbaru. Ketika itu Guru Kelas 5 SD Juara Fitriyah Misdian turut menjadi Peserta Pelatihan  di Kelas V. E. Agenda ini dilaksanakan karena Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) dan diperlukan penyesuaian dan penyamaan pemahaman tentang Konsep Kurikulum 2013.

Di awal acara, seluruh peserta dikumpulkan di sebuah ruang pertemuan di salah satu Hotel di Pekanbaru. Saat bertemu satu dengan lainnya, para guru pun bersuka cita. Ada yang bertemu dengan kawan lama yang tidak berjumpa, ada juga bertemu dengan para guru masing-masing serta ada juga yang menambah teman baru.

Ketika Kepala Dinas Kota Pekanbaru  Bapak Zulfadil hadir, suasana ruangan menjadi hening dan bersiap mendengarkan penyampaian beliau. Suasana yang sangat mengesankan dan patut diteladani. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan tentang “Pendidikan Sekolah yang Madani” dan Good School Governance City dengan target sekolah agar tahun depan sekolah-sekolah sudah mengajukan diri sebagai Sekolah Adiwiyata (Sekolah Menanam). Beliau juga memaparkan tentang Pencanangan dan sudah terlaksananya Pelaksanaan Gerakan Sekolah Bersepeda, Gerakan Bank Sampah Sekolah, serta adanya Harmonisasi di sekolah, Program Sekolah Mengaji dan Khatam Al-Quran, Guru Berzakat dan Berqurban, dan adanya Penertiban Siswa untuk Sekolah-sekolah tertentu. Beliau juga menyampaikan pentingnya pendidikan tata krama berbicara antara teman sebaya dan dengan orang yang lebih tua.

Setelah acara Pembukaan selesai, para peserta masuk ke kelas masing-masing dan melaksanaan Tes Awal yang berhubungan dengan Kurikulum 2013. Kemudian acara dilanjutkan dengan Materi Rasional dan Elemen Perubahan K-13, SKL, KI, KD serta strategi Implementasi K-13, Pendekatan, Model-model dan Penilaian Pembelajaran pada K-13, Analisis Buku Guru dan Buku Siswa, Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu, Perancangan Penilaian dan Pembelajaran Tematik, Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran, Analisis Video Pembelajaran, Penyusunan RPP, Tes Akhir dan Peer Teaching.

Agenda ini sangat bermanfaat terutama dalam pengembangan kemampuan dan penambahan ilmu tentang Kurikulum 2013. Selain itu, banyak hal yang dapat dipelajari dari para guru dengan perbedaan masa usia. Perbedaan cara penyikapan terhadap suatu permasalahan adalah hal yang patut diteladani, misalnya: membiasakan anak mendengarkan penjelasan sampai ke ujung pembicaraan dan setelah itu baru ditanggapi pertanyaan anak tersebut dan bahkan pertanyaan itu bisa jadi tidak berlanjut setelah mendegarkan pembicaraan sampai ke ujungnya.
Di Kelas V E, terdiri atas 6 Kelompok dengan jumlah peserta sebanyak 38 orang. Kelas yang kompak dengan tutor yaitu Ibu Sri Wahyuningsih dari SDN 051 dan Ibu Yulismar dari SDN 187 Pekanbaru. Para peserta juga diminta mengerjakan tugas kelompok Penyajian Analisis Buku Guru, Buku Siswa yang pemaparannya disajikan oleh Ibu Sri Wahyuni dari SDN 051  Kelompok 1 dan tugas mandiri yaitu pembuatan RPP dan Peer Teaching. Tampil saat Peer teaching berkelompok, yaitu: Ibu Rostioma Mutiara dari SD Kusuma, Bapak Karim Saefullah dari SD Babussalam, seorang Ibu Guru,  Bapak Qautsar Iman dari SDN 173 Pekanbaru, Bapak Suhudi dari SDIT BPMAA, dan Fitriyah Misdian dari SD Juara Pekanbaru. Dalam setiap penampilan, banyak ilmu yang semakin berkembang dan banyak cara pembelajaran dan metode yang dapat diambil sebagai pelajaan berharga. Setiap hari bertemu selama hampir sepekan membuat agenda perpisahan sangat berkesan. Semoga pertemuan-pertemuan dalam majelis ilmu ini dapat menambah ilmu dan menjadi amalan dalam kehidupan di dunia pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Pesan terakhir dari Panitia semoga setelah pelatihan ini ada perubahan yang lebih baik. Salam Semangat untuk Seluruh Guru Indonesia!

Senin, 15 September 2014

Lomba Sang Juara


Alhamdulillahirobbil'alamin..
setelah ikut seleksi hari Sabtu, 13 September 2014, Sefia Misgiani peserta dari SD Juara Pekanbaru berhasil meraih peringkat 39 dari 500 lebih peserta lomba Sang Juara yang diikuti seluruh SD se-Pekanbaru.

Tanggal 20 nanti , kembali Sefia akan melanjutkan perjuangannya untuk menjadi yang terbaik.
Mohon do'anya y...

Go Sefia...

Outing Class Yang Menyenangkan



Outing Class atau belajar di luar kelas adalah salah satu strategi belajar yang diterapkan di SD Juara Pekanbaru.Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya acara kunjungan peserta didik SD Juara ke Pekanbaru expo tanggal 29 Agustus kemarin.
Jam 09.00 peserta didik kelas dua dan tiga sudah berbaris rapi siap untuk berangkat. Dengan menggunakan angkot rombongan SD Juara sampai di Purna MTQ tempat acara dilaksanakan.Ternyata Pekanbaru Expo baru buka jam 10.30. Sambil menunggu anak-anak SD Juara mencari kesibukan. Diantara mereka ada yang naik panggung yang disediakan untuk pentas seni.
Begitu diberi kesempatan masuk arena Pekanbaru Expo , dengan tertib anak SD Juara memasuki stan demi stan yang menyemarakkan agenda tahunan kota Pekanbaru itu. Stan yang paling menarik perhatian anak-anak adalah stan kampus Universitas Islam Riau yang memamerkan aneka teknologi dan karya Mahasiswa. Diantaranya tanaman hidroponik yang masih aneh menurut mereka, aneka hewan yang diawetkan seperti ular, dan ikan hidup yang berenang lincah di kolam-kolam kecil di depan stan. Tentu saja ini sangat menarik perhatian anak-anak terutama yang laki-laki.Mereka membeli anak-anak ikan itu untuk dipelihara di rumah.
Dengan riang gembira anak-anak SD Juara mengunjungi stan-stan di arena Pekanbaru expo. Tugas yang diberikan adalah bertanya tentang produk yang dipamerkan dan minta tanda tangan penjaga stan. Ada yang langsung berani mewawancarai penjaga stan, banyak juga yang masih malu-malu. Namun demi tandatangan akhirnya mereka berani buka suara dan bertanya kepada penjaga stan.
Tepat jam 12.00 anak-anak SD Juara meninggalkan lokasi Pekanbaru expo, mereka kembali ke sekolah dengan pengetahuan dan pengalaman baru. Acara seperti ini banyak manfaatnya untuk anak-anak dan akan terus menjadi agenda setiap kelas. (HK)

Jumat, 05 September 2014

Pramuka SD Juara Pekanbaru SD Juara “Sang Juara Lapangan”





Wajah-wajah legam mereka terpapar terangnya sinar matahari dan terselimut hujan kala itu terbayar sudah. Beberapa piala berhasil mereka sapu bersih dengan kategori berbeda mulai dari lomba tali temali kategori tim, Lomba Hiking, Lomba MTQ yang diikuti oleh  Vazira Yusri Oktaviani, dan Lomba Pentas Seni grup yang menampilkan Lagu Populer “Laskar pelangi” dari Grup Band Nidji . Total piala yang diperoleh ketika  itu adalah 6 piala.

Berbagai kesan mereka rasakan saat berada di Tapak Perkemahan Sultan Syarif Kasim II yang diadakan oleh Avia Pramuka Riau. Sefia Misgiani salah seorang Peserta Didik Pramuka SD Juara yang sempat berlinangan air mata saat ditemui ketika itu, memaparkan tentang bagaimana kehidupan bermasyarakat dalam Pramuka dan mencoba beradaptasi dengan lingkungan yang terpisah dari kedua orangtuanya. Pengalaman pertama berkemah bagi Pramuka sejati SD Juara ini membawa banyak pengalaman, tanggungjawab dan kebersamaan.  

Acara yang diadakan pada tanggal 25-27 Mei 2014 ini serentak diadakan untuk Peserta Didik SD dan SMP se-Provinsi Riau. Khairunnisa salah satu peserta mengatakan, bahwa kegiatan pramuka ini bermanfaat agar kita jadi lebih mengetahui tentang pramuka, dan mengerti alam. Latifi Uktia Wirda, Khairunnisa, Dhea Sya’banesa, Vazira Yusri Oktaviani, Bunga, Humam Al-Faruq, Andreas Saputra, Raihan, Aditya Tri Y., M. Raju Gutomo, M. Fajar Rizky, dan M. Rozi adalah Pramuka Sejati SD Juara yang berhasil mengharumkan nama SD Juara di kancah ke-Pramukaan. (FM)