Outing Class Yang Menyenangkan



Outing Class atau belajar di luar kelas adalah salah satu strategi belajar yang diterapkan di SD Juara Pekanbaru.Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya acara kunjungan peserta didik SD Juara ke Pekanbaru expo tanggal 29 Agustus kemarin.
Jam 09.00 peserta didik kelas dua dan tiga sudah berbaris rapi siap untuk berangkat. Dengan menggunakan angkot rombongan SD Juara sampai di Purna MTQ tempat acara dilaksanakan.Ternyata Pekanbaru Expo baru buka jam 10.30. Sambil menunggu anak-anak SD Juara mencari kesibukan. Diantara mereka ada yang naik panggung yang disediakan untuk pentas seni.
Begitu diberi kesempatan masuk arena Pekanbaru Expo , dengan tertib anak SD Juara memasuki stan demi stan yang menyemarakkan agenda tahunan kota Pekanbaru itu. Stan yang paling menarik perhatian anak-anak adalah stan kampus Universitas Islam Riau yang memamerkan aneka teknologi dan karya Mahasiswa. Diantaranya tanaman hidroponik yang masih aneh menurut mereka, aneka hewan yang diawetkan seperti ular, dan ikan hidup yang berenang lincah di kolam-kolam kecil di depan stan. Tentu saja ini sangat menarik perhatian anak-anak terutama yang laki-laki.Mereka membeli anak-anak ikan itu untuk dipelihara di rumah.
Dengan riang gembira anak-anak SD Juara mengunjungi stan-stan di arena Pekanbaru expo. Tugas yang diberikan adalah bertanya tentang produk yang dipamerkan dan minta tanda tangan penjaga stan. Ada yang langsung berani mewawancarai penjaga stan, banyak juga yang masih malu-malu. Namun demi tandatangan akhirnya mereka berani buka suara dan bertanya kepada penjaga stan.
Tepat jam 12.00 anak-anak SD Juara meninggalkan lokasi Pekanbaru expo, mereka kembali ke sekolah dengan pengetahuan dan pengalaman baru. Acara seperti ini banyak manfaatnya untuk anak-anak dan akan terus menjadi agenda setiap kelas. (HK)

Komentar